Vaksin Covid-19 IndoVac Sudah Aman dan Halal, Bio Farma Siap Ekspor

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 11:57 WIB
Vaksin Covid-19 IndoVac produksi PT Bio Farma, Holding BUMN Farmasi sudah aman dan halal
Vaksin Covid-19 IndoVac produksi PT Bio Farma, Holding BUMN Farmasi sudah aman dan halal

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com– Vaksin Covid-19 IndoVac produksi PT Bio Farma (Persero), Holding BUMN Farmasi, telah resmi mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada 29 Juli 2022.

Sertifikasi halal tersebut terbit setelah MUI membahas dan menetapkan Fatwa tentang kehalalannya.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua MUI Bidang Fatwa, K.H. Asrorun Ni’am Sholeh. ’’Vaksin IndoVac yang didaftarkan Bio Farma, setelah dibahas dalam sidang komisi Fatwa, telah difatwakan suci dan halal,’’ kata Ketua MUI Bidang Fatwa, K.H. Asrorun Ni’am Sholeh, saat dikonfirmasi.

Baca Juga: SSI: Prabowo Tinggal Tunggu Lawan di Pilpres 2024

Menurut Kyai Niam, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) telah melakukan serangkaian audit aspek kehalalan terhadap Vaksin IndoVac sesuai dengan standar fatwa MUI.

’’Di samping ditetapkan halal dan suci, vaksin IndoVac boleh digunakan setelah adanya jaminan keamanan dari BPOM, melalui persetujuan izin penggunaan darurat sebagaimana disampaikan Kepala BPOM, pada akhir September lalu.

Prinsipnya, di samping halal, juga harus thayyib. Jadi, sekarang selain halal, vaksin IndoVac juga sudah boleh digunakan karena ada jaminan keamanan,’’ ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Barcelona Mengkonfirmasi Christensen Mengalami Keseleo ligamen pergelangan kaki dalam kekalahan Melawan Inter

Honesti Basyir, Direktur Utama Bio Farma, mengatakan bahwa tim riset dan pengembangan Vaksin IndoVac sejak awal telah mendesain vaksin SARS-CoV-2 ini untuk memenuhi prinsip kehalalan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X