Ridwan Kamil: Jabar Unggul dalam Urusan Investasi Hijau

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:44 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis daerahnya unggul dalam investasi hijau khususnya terkait dengan energi terbarukan dan otomotif listrik yang saat ini memang mutlak diperlukan.

Selain memiliki infrastruktur yang baik, tegasnya, Jawa Barat pun kaya akan potensi yang diperlukan untuk industri tersebut.

Dengan begitu, dia pun tidak khawatir dengan sejumlah produsen otomotif yang berencana membangun pabrik di luar Jawa Barat. "Kami optimis di Jawa Barat industri otomotif listrik dan energi terbarukan akan lebih unggul," katanya, Kamis (6/10).

Ridwan Kamil menyebutkan contoh seperti industri kendaraan listrik yang membutuhkan komponen penunjang yang tidak dikerjakan oleh perusahaan berskala besar. Di Jawa Barat, jelasnya, sudah terdapat produsen komponen tersebut yang dikerjakan berbagai pelaku UMKM.

Baca Juga: Perusahaan Jepang dan Kayan Hydro Energi Garap PLTA Rp 270 Triliun di Kaltara

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menambahkan, pihaknya bersama Bank Indonesia menggelar West Java Investement Summit (WJIS) 2022 dengan tema 'Green Investment: Food Security and Renewable Energy - Securing The New Future' pada pekan ini semata untuk menjawab kebutuhan yang makin kompleks.

"Karenanya mengacu pada investasi hijau berkelanjutan berfokus pada ketahanan pangan serta transisi energi menuju energi baru dan terbarukan," katanya.

Menurut dia, untuk urusan ketahanan pangan di Jabar dipengaruhi sejumlah faktor seperti kondisi lahan dan topografi. Dia tak menampik terdapat tantangan apalagi saat ini lahan pertanian berebut dengan pesatnya perkembangan industri dan perumahan.

Baca Juga: Jadi Tawaran Investasi, Ketahanan Pangan & Energi Terbarukan Memang Cocok Hadapi Tantangan Global

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X