Wapres Ma’ruf Amin Dorong KASN Ciptakan Ekosistem Seleksi Kepemimpinan ASN yang Adaptif

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:24 WIB
Anugerah Kualitas Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) oleh KASN menurut Wapres menjadi bagian penting dalam proses transformasi birokrasi. (Dok: Komisi Aparatur Sipil Negara)
Anugerah Kualitas Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) oleh KASN menurut Wapres menjadi bagian penting dalam proses transformasi birokrasi. (Dok: Komisi Aparatur Sipil Negara)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, mengatakan bahwa tren tantangan birokrasi ke depan akan dihadapkan kepada lingkungan strategis nasional dan daerah yang berubah dengan dinamis. Hal tersebut menuntut adanya terobosan dalam mengelola pemerintahan yang berorientasi digital, terbuka, transparan, bahkan lebih lincah dan tidak birokratis.

Hadirnya Anugerah Kualitas Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) oleh KASN menurut Wapres menjadi bagian penting dalam proses transformasi birokrasi.

"Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi atau JPT harus diletakkan sebagai bagian penting dari proses transformasi birokrasi Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju dalam konteks kelembagaan birokrasi yang mengedepankan sistem merit ini. Saya mengucapkan selamat kepada instansi baik di pusat dan daerah yang telah berhasil memperoleh nilai kategori sangat baik dan baik dalam penyelenggaraan proses seleksi JPT secara terbuka, transparan, dan akuntabel," jelas Wapres dalam sambutannya di Anugerah Kualitas Pengisian JPT, Kamis 6 Oktober 2022.

Baca Juga: Informasi Pasar Kerja yang Diserbu Pencari Kerja, akan Diatur Agar Meningkatkan Kesejahteraan Lingkungan

Pada tahun ini, KASN menganugerahkan penghargaan kepada 82 instansi pemerintah dengan 14 di antaranya mendapatkan kategori Sangat Baik dan 68 lainnya mendapatkan predikat Baik. Dari hasil tersebut Wapres berharap semua kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan kabupaten pada tahun 2024 dapat memenuhi standar kategori yang ditetapkan. Ia menyebut tidak boleh ada kementerian atau lembaga atau Pemda yang tinggal kelas.

"Seluruh pejabat pembina kepegawaian di pusat dan daerah harus memiliki komitmen mewujudkan kepemimpinan birokrasi yang unggul dan kuat. Kita semua perlu menaruh perhatian tinggi pada ekosistem kebijakan seleksi kepemimpinan yang komprehensif, agar seluruh standar yang lebih baik itu dapat diwujudkan. Di sinilah pentingnya pengembangan kebijakan dan manajemen talenta ASN di level nasional dan daerah yang kontekstual serta sejalan dengan desain besar pembangunan nasional dan daerah," tegas Wapres.

Wapres Ma'ruf kemudian mendorong KASN dan instansi pemerintah terkait merumuskan ekosistem seleksi kepemimpinan ASN yang adaptif. Hal tersebut juga didukung dengan telah diluncurkannya aplikasi SIJAPTI (Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi) versi 4.0. yang diharapkan dapat mempermudah pengawasan dan pembinaan seleksi terbuka dan mutasi atau rotasi pejabat pimpinan secara lebih luas dan intensif.

Baca Juga: Seminar Healing The Emptiness Undang Pendakwah AS Yasmin Mogahed

"Rumuskan ekosistem seleksi kepemimpinan ASN yang adaptif, guna membangun pimpinan publik yang transformatif dengan ekosistem yang baik, akan lahir pimpinan yang memiliki ide visioner, sekaligus mampu melakukan eksekusi kebijakan dengan langkah-langkah konkret dalam menjawab tantangan pembangunan," pesannya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X