Rampung Tahun Depan, Kementerian PUPR Lakukan Konstruksi Penanganan Banjir di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:35 WIB
Konstruksi Penanganan Banjir pada KM 08 di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong (Foto: Dok Kementrian PUPR)
Konstruksi Penanganan Banjir pada KM 08 di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong (Foto: Dok Kementrian PUPR)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com —Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas jalan tol kepada masyarakat. Salah satunya melalui Konstruksi Penanganan Banjir pada KM 08 di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong.

Dioperasikan sejak tahun 1999, Jalan Tol Pondok Aren – Serpong melintasi aliran Sungai Cibenda yang disalurkan melalui saluran air dengan dimensi 2 x 4,5 meter sebanyak 2 unit.

Akan tetapi, perubahan tata guna lahan di sekitar Jalan Tol Pondok Aren – Serpong menyebabkan terjadinya perubahan pola aliran sungai Cibenda, sehingga menyebabkan terjadinya genangan yang tercatat terjadi hampir setiap tahun sejak 2019.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Bintaro Serpong Damai, tengah melaksanakan beberapa pekerjaan konstruksi.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Dorong KASN Ciptakan Ekosistem Seleksi Kepemimpinan ASN yang Adaptif

“Upaya kami melalui beberapa pekerjaan konstruksi yang meliputi peninggian badan jalan setinggi 2 meter pada KM 8, sepanjang 450 meter.

Kemudian, melakukan penggantian box culvert menjadi jembatan, membangun kolam retensi sebagai pengendali banjir, dan pembersihan sedimen sungai di area cross drain,” ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian dalam kegiatan Press Conference di Media Center Kementerian PUPR, Rabu (5/10/2022).

Pekerjaan konstruksi per September 2022 sudah mencapai 31,89%. Pekerjaan tahap I (Arah Jakarta) akan selesai pada Desember 2022 dan pekerjaan tahap II (Arah BSD) akan selesai pada Mei 2023 mendatang yang dilakukan oleh kontraktor dari PT Wijaya Karya.

“Dengan pekerjaan konstruksi tersebut, diharapkan aliran air sungai dapat menjadi lebih lancar terutama pada saat musim penghujan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X