Drupadi Datang, Sistem Patriarki Terguncang

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:10 WIB
Teater Monolog Drupadi (Istimewa )
Teater Monolog Drupadi (Istimewa )

DENPASAR, Jakarta.Suaramerdeka.com, – Teater MonologDrupadi”, Sabtu (15/10/2022) akan dipentaskan dalam ajang Festival Seni Bali Jani 2022. Sosok Drupadi dihadirkan sebagai perempuan yang berani menggugat sistem patriarki yang telah melekat sejak masa klasik sampai kehidupan manusia di masa kini.

Suguhan ini digarap dengan pendekatan multimedia yang memesona hasil kolaborasi antara Arcana Foundation dan Kitapoleng Bali dengan dukungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Baca Juga: Adab dan Etika Politisi

Pentas “Drupadi” menjadi salah satu lakon yang dinyatakan lolos dalam kurasi tim kurator Festival Seni Bali Jani (FSBJ) 2022. Pergelaran akan dilakukan secara hybrid dari Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali. Pentas ini juga dapat disaksikan secara streaming lewat kanal Youtube Dinas Kebudayaan Provinsi Bali

MonologDrupadi” ditulis sastrawan Putu Fajar Arcana tahun 2020 saat pandemi Covid-19 mencabik-cabik kehidupan manusia di seluruh dunia. Ketika interaksi secara fisik benar-benar dibatasi, Putu mencari teroboson dengan menulis naskah berbasis teknologi multimedia. 

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

“Tadinya monolog ini disiapkan untuk tayangan di kanal online, tetapi karena
pembatasan sosial sudah mulai dilonggarkan, maka sekarang kita bisa menyaksikannya secara langsung,” ujar Putu yang langsung turun tangan menyutradarai monolog ini, Selasa (11/10/2022) di Denpasar.

Saat ini seluruh pendukung “Drupadi” sedang berlatih di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X