Mobil Multifungsi Maskara, Apresiasi Emil Untuk Desa Mandiri & Berprestasi

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 13:38 WIB
Mobil Maskara
Mobil Maskara

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Kehadiran Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang multifungsi merupakan insentif dari Pemprov Jabar bagi desa yang sudah berstatus mandiri dan berprestasi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pihaknya memberikan apresiasi tersebut tak lain sebagai upaya pembangunan dengan semangat Jabar Juara dari Desa Juara sehingga kehadirannya diharapkan bisa menggerakan kehidupan di desa.

"Maskara pun dibuat karena adanya aspirasi warga yang ingin melakukan aktivitas sehari-hari bisa terbantu," katanya dalam keterangannya, Jumat (14/10/2022).

Dengan mengusung konsep multifungsi, mobil yang mirip transformer tersebut dilengkapi fasilitas guna memenuhi kebutuhan primer warga desa. Di antaranya angkutan warga desa yang membutuhkan, sarana hiburan, angkutan pertanian, hingga menjadi perpustakaan berjalan.

Baca Juga: Diminta Siaga Satu Bencana Hidrometeorologi, BPBD Jabar Siapkan Kuda-kuda

Ditegaskan, kehadiran Maskara sejalan dengan visi misi pembangunan Jawa Barat yang mengedepankan pembangunan desa secara maksimal tanpa melupakan inovasi dan terobosan. Jadi, katanya, Maskara merupakan terobosan dari Pemprov Jabar untuk menunjang kebutuhan masyarakat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Dicky Syaromi menambahkan kehadiran Maskara justru jadi kebanggaan pemerintah desa di wilayahnya. Karena otomatis, menunjukan statusnya sebagai desa mandiri dan berprestasi.

Capaian itu kemudian mendorong Pemdes setempat untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warganya. "Dengan menyandang status desa mandiri berarti ada potensi untuk dimaksimalkan baik itu potensi sumber daya alam, modal sosial dan potensi kultur sehingga desa bisa berdayaguna dan berhasilguna," katanya.

Baca Juga: APK Rendah, Jabar Deklarasikan Gerakan Kembali Ke PAUD

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur ke New York

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:15 WIB

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok 5 Februari 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:14 WIB

LMK Pelari Datang, Revolusi Royalti Menjelang.

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:55 WIB

ASEAN Tak Boleh Menjadi Proksi Pihak Mana Pun

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:16 WIB
X