Dipamerkan di SOE International Conference, Ini Delapan Ikhtiar PLN Kurangi Emisi Karbon

- Senin, 17 Oktober 2022 | 13:31 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) ambil bagian dalam State-owned Enterprises (SOE) International Conference & Expo 2022: Driving Sustainable and Inclusive Growth yang digelar Kementerian BUMN di Nusa Dua Bali pada 17-18 Oktober.

Pada kegiatan tersebut, PLN yang berperan sebagai jantung perekonomian dan motor penggerak transisi energi Indonesia memamerkan 8 upaya perseroan guna mencapai target Net Zero Emission (NZE) 2060.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa ikhtiar tersebut dilakukan sebagai bagian dari komitmen global untuk mengurangi emisi karbon. Langkah itu di antaranya menjelaskan kepada para delegasi atas langkah-langkah strategis PLN dalam memaksimalkan teknologi dan inovasi guna pengurangan emisi karbon sekaligus mendorong transisi energi.

"Dengan berkolaborasi, kami juga memastikan akan terus menyediakan pasokan listrik yang andal dan bersih untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," katanya seperti dalam keterangan yang diterima, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Manajemen PLN & Serikat Pekerja Sepakat Percepat Proses Transformasi, PKB Baru Jawab Harapan

Menurut Darmawan, untuk bisa mempercepat target NZE, langkah pertama PLN adalah bakal mempensiunkan PLTU secara bertahap. Langkah ini dinilai paling efektif untuk bisa mengurangi emisi karbon di sektor kelistrikan sekaligus mengurangi penggunaan batubara sebagai energi fosil.

"Langkah lainnya, PLN secara paralel juga mengimplementasikan teknologi co-firing biomassa di pembangkit berbasis fosil yang masih beroperasi guna mengurangi penggunaan energi fosil serta emisi yang dihasilkan. Gerakan ekonomi energi kerakyatan melalui co-firing yang sudah dilakukan badan usaha serta pemerintah daerah akan mendongkrak perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ketiga, PLN pun mengakselerasi penambahan pembangkit listrik berbasis energi bersih. Hingga 2025 mendatang PLN akan menambah 3 GW pembangkit berbasis EBT dengan total tambahan kapasitas terpasang 20, 9 GW dari 2021 hingga 2030.

Baca Juga: Suaramerdeka.com Raih Rekor MURI, Kukrit SW: Motivasi Lebih Kreatif dan Inovatif di Platform Digital

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X