PLN Siap Nge-gas Kerjakan Dua PLTS Terapung, Siapkan Investasi USD 104,95 Juta, Jadi Revolusi Pengembangan EBT

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:42 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Setelah di kawasan Cirata, PLN kembali menggarap pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di dua lokasi yang ditargetkan bisa beroperasi mulai 2024.

Kedua lokasi PLTS tersebut adalah Saguling, Jabar dan Singkarak, Sumbar. Kedua PLTS itu dikerjakan Sub-holding PT PLN (Persero) yakni PLN Indonesia Power bersama ACWA Power.

Saguling dan Singkarak masing-masing mempunyai kapasitas masing-masing pembangkit sebesar 60 megawatt ac (MWac) dan 50 MWac dengan total investasi USD 104,95 juta.

Menurut Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, ikhtiar tersebut merupakan bentuk komitmen perseroan dalam mendukung transisi energi dalam gelaran presidensi KTT G20 pada November mendatang.

Baca Juga: Dipamerkan di SOE International Conference, Ini Delapan Ikhtiar PLN Kurangi Emisi Karbon

Dari sisi pengembangan EBT, dia menyebut pengembangan PLTS terapung itu sebagai revolusi pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dalam negeri.

“Karenanya kami berharap proyek tersebut mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis EBT di Indonesia,” ujar Darmawan dalam rangkaian gelaran Stated-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali (18/10) seperti dalam keterangannya.

Darmawan pun mengatakan bahwa dengan adanya pengembangan PLTS Terapung Singkarak dan Saguling itu, PLN meneruskan komitmen penggunaan EBT dengan memanfaatkan potensi dalam negeri.

Baca Juga: Kenaikan Harga BBM Momentum Maksimalkan EBT

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X