Dongkrak Produktivitas, Petani Deli Serdang Diajarkan Buat Kompos Organik CSA

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:56 WIB

DELI SERDANG,suaramerdeka-jakarta.com

Pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, kian meningkat dari tahun ke tahun.

Terlebih dengan kehadiran Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) melalui teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) atau Pertanian Cerdas Iklim.


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sangat mendukung Program SIMURP, karena melalui CSA yang ramah lingkungan terbukti dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian

Baca Juga: PLN Siap Nge-gas Kerjakan Dua PLTS Terapung, Siapkan Investasi USD 104,95 Juta, Jadi Revolusi Pengembangan EBT

“Yang paling pentingnya adalah CSA dapat meningkatkan kesejahteraan petani terutama di Daerah Irigasi (DI) atau Daerah Rawa (DR)”, ujar Mentan SYL.


Melalui Program SIMURP diharapkan petani penerima manfaat SIMURP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian dengan mengedepankan penggunaan air yang efisien serta tanpa bergantung pada kondisi iklim yang berubah.

Mentan juga menegaskan jika sektor pertanian akan makin kuat apabila didukung riset dan inovasi yang berkelanjutan. Ia juga menegaskan, petani Indonesia harus mengikuti perkembangan teknologi di era 4.0.

Baca Juga: Presidensi G20, Indonesia Jaga Konektivitas Global Negara Maju – Negara Berkembang
"Petani Indonesia tidak boleh tertinggal karena banyak inovasi teknologi dan mekanisasi yang dibuat untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Mentan SYL.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X