Kemkominfo Ajak Anak Muda Salatiga dan Papua Kolaborasi Kreatif Untuk Bangsa

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 09:51 WIB

Salatiga, suaramerdeka-jakarta.com - Dalam rangka mengoptimalkan potensi generasi muda Papua, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)menyelenggarakan Workshop Video Kreatif “Bengkel Digital Teras Negeriku” bertema Kolaborasi Anak Negeri: Papua X Salatiga pada Selasa, 25 Oktober 2022 di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Kominfo, Dikdik Sadaka, mengemukakan Kementerian Kominfo terus berupaya memajukan generasi muda Papua melalui berbagai cara. Salah satu strateginya adalah melakukan kolaborasi dengan anak-anak muda Papua untuk meningkatkan kualitas konten kreatif di media sosial, khususnya Tiktok dan Instagram Reels yang kini digandrungi masyarakat.

Menurut Dikdik, anak muda Papua kini telah menunjukkan prestasinya dalam berbagai bidang. “Banyak sekali tokoh-tokoh muda Papua yang saat ini berkolaborasi dengan Kominfo. Ini menjadi komitmen kami untuk memajukan Papua, baik daerahnya, juga masyarakatnya,” katanya.

Setelah sebelumnya dilaksanakan di berbagai daerah di Papua, program Bengkel Digital Teras Negeriku kali ini menargetkan anak-anak muda Papua yang sedang menuntut ilmu di Pulau Jawa, khususnya Kota Salatiga. “Tentu kita ingin di Salatiga ada anak-anak muda Papua yang bisa meningkatkan kemampuan khususnya di bidang sosial media,” lanjut Dikdik lagi.

Di kesempatan yang sama, Jeni Karay, influencer asal Papua berbagi pengalamannya dalam menciptakan konten kreatif dan positif di media sosial. Menurutnya, membangun personal branding menjadi hal penting ketika berkarya di media sosial. Terlebih, Papua memiliki potensi wisata alam yang tinggi dan bakat anak mudanya yang beragam sehingga perlu ditunjukkan ke seluruh dunia.

“Ini saatnya kita show off, pamerkan potensi Papua ke banyak orang di luar sana melalui media sosial. Tentunya dengan ciri khas personal branding kalian masing-masing,” ucap Jeni.

Di sisi lain, Lord Ayip, influencer asal Salatiga diajak berkolaborasi dalam kegiatan ini untuk mengupas secara mendalam bagaimana memproduksi konten kekinian yang positif di media sosial.

Bengkel Digital Teras Negeriku merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo yang mengusung format workshop produksi konten video pendek di media sosial. Selain menghadirkan narasumber berpengalaman, para peserta juga ditantang untuk langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan mengikuti lomba membuat konten Tiktok dan Instagram Reels.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur ke New York

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:15 WIB

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok 5 Februari 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:14 WIB

LMK Pelari Datang, Revolusi Royalti Menjelang.

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:55 WIB

ASEAN Tak Boleh Menjadi Proksi Pihak Mana Pun

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:16 WIB
X