Eriko Sampaikan Tiga Tujuan Penting Kegiatan Sumpah Pemuda yang Digelar PDIP

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 15:02 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar sejumlah kegiatan bersama 15 ormas kepemudaan dan mahasiswa dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang puncaknya pada 28 Oktober 2022.

Puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar DPP PDIP kali ini terasa istimewa, karena dibarengi dengan pengumuman pemenang Lomba Pengibaran Bendera Merah Putih Memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, juga pemenang Turnamen Bulutangkis Persahabatan 15 Ormas dan Pemuda.

Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, di Sekolah Partai, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Ratusan pengurus dan kader partai seluruh Indonesia hadir di acara melalui layanan telekonferensi.

Ketua bidang Pemuda dan Olah Raga DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan, kegiatan menyambut Sumpah Pemuda yang digelar DPP PDIP Perjuangan memiliki tiga tujuan utama.

Pertama, kata Eriko, menciptakan aura positif dan sinergis antar ormas kepemudaan dan mahasiswa yang ada di Indonesia.

"Dalam hal ini ada 15 ormas kepemudaan dan mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam kegiatan menyambut hari Sumpah Pemuda DPP PDIP Perjuangan" kata Eriko dalam acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa" itu.

15 Ormas Kepemudaan dan Mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam turnamen adalah: PB PMII, BMI, DPP KNPI, BPP HIPMI, Nasyiatul Aisyiyah, Presidium Nasional GMNI, TMP, PP PMKRI, Repdem, SAPMA PP, PP GP Ansor, PP Pemuda Muhammadiyah, PP GMKI, Purna Paskibraka Indonesia, dan PP FKPPI.

Kedua, meningkatkan sangat nasionalisme. Eriko Sotarduga menjelaskan, semangat nasionalisme di kalangan anak bangsa saat ini terkadang mulai surut.

"Nah, kegiatan yang kita adakan ini supaya bersama-sama mempunyai semangat nasionalisme," tegasnya.

Adapun ketiga, Eriko menyebut pesan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tentang pentingnya hidup sehat. Dimana dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Eriko menegaskan pemuda dan pemudi Indonesia saat ini memegang peranan sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sebab pemuda adalah jati diri bangsa Indonesia. Pemuda adalah komponen utama bangsa Indonesia.

"Jangan lupa saudara-saudara, bahwa hampir 50 persen penduduk Indonesia itu adalah generasi muda, generasi Y dan Z. Jadi hampir 130-an juta penduduk Indonesia adalah generasi muda. Inilah harapan bangsa Indonesia kedepan dan menjadi modal utama membangun bangsa," tandas Eriko.

Selanjutnya, Eriko menyampaikan semangat persahabatan yang dibangun dalam diri pemuda Indonesia. Maka itulah kegiatan yang diadakan DPP PDIP bidang Kepemudaan dan Olahraga mengusung semangat Sehat dan Bersahabat.

"Jadi bukan hanya sehat, juga bersahabat. Di tengah suhu politik yang mulai hangat ini kita bersahabat," tuntas Eriko Sotarduga.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pertumbuhan Utang Indonesia Dinilai Tak Masuk Akal

Selasa, 21 Maret 2023 | 10:49 WIB
X