Safari Literasi DBI, Tambah Titik Layanan Bacaan.

- Selasa, 1 November 2022 | 17:50 WIB
Safari Literasi DBI, Tambah Titik Layanan Bacaan. (Istimewa )
Safari Literasi DBI, Tambah Titik Layanan Bacaan. (Istimewa )

Surabaya, Jakarta.Suaramerdeka.com,—Sejak dikukukan menjadi Kota Literasi pada 2014 lalu, Surabaya terus menambah titik layanan bacanya. Hingga kini, tidak kurang 530 titik layanan baca tersebar.

Bahkan, titik layanan baca tersebut turut dilengkapi dengan kelas mendongeng, kelas bahasa asing, kelas menulis, kelas numerasi, hingga wisata buku. 

“530 titik layanan baca tersebut berupa perpustakaan, taman baca masyarakat dan mobil perpustakaan keliling,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya Mia Santi Dewi ketika membuka Safari Literasi Bersama Duta Baca Indonesia (DBI), Selasa, (1/11/2022). 

Baca Juga: Polri, Sampai Kapan Kau Terus Merendahkan Dirimu Sendiri?.

Upaya yang dilakukan dinas perpustakaan memang sudah menjadi bagian dari komitmen pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan kualitas literasi dan budaya baca masyarakatnya.  

Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Kota Surabaya M. Afgani Wardhana mengatakan upaya tersebut dapat dirasakan nyata karena Pemkot secara khusus bersinergi dan bergotong royong dengan pegiat literasi menghidupkan titik layanan baca yang tersebar di fasilitas umum milik kota.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan. 

“Bahkan, informasi layanan perpustakaan pun bisa diakses melalui SIPUS, yaitu Sistem Informasi Perpustakaan, dan kanal media sosial,” terang Wardhana. 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional Adin Bondar mengatakan Safari Literasi Duta Baca Indonesia merupakan bagian dari rencana aksi DBI untuk menggerakkan potensi daerah.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X