Bagi Warga Perbatasan Tasik-Ciamis, Akses via Jembatan KA Cirahong Ditutup Dulu Ya

- Rabu, 2 November 2022 | 12:55 WIB
Jembatan Cirahong (ist)
Jembatan Cirahong (ist)

 

jakarta.suaramerdeka.com - PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung menutup akses bagi pengendara sepeda motor dan pejalan kaki yang melalui deck bawah Jembatan KA Cirahong yang menghubungkan petak jalan rel Stasiun Manonjaya, Tasikmalaya - Stasiun Ciamis mulai awal November 2022.

Menurut Jubir PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, langkah penutupan itu terkait dengan kegiatan perawatan berkala jembatan yang merupakan peninggalan kolonial itu. Tahun ini, usia jembatan tersebut mencapai 129 tahun.

"Jembatan ini dibangun pada tahun 1893, makin tua usia bangunan termasuk jembatan Cirahong ini maka akan makin sering kami melakukan perawatan berkala pada bangunan tersebut," katanya saat dihubungi Rabu (2/11/2022).

Ditegaskan, perawatan perlu dilakukan mengingat kondisi deck bawah yang sebelumnya terbuka pula bagi lintasan kendaraan roda 4 itu, apabila dibiarkan bisa mempengaruhi ketahanan jembatan.

Baca Juga: Dua Kali Kejadian Bencana Alam Kurang dari Sepekan, PT KAI Daop 2 Bandung Tingkatkan Kewaspadaan

"Itu kan ada papannya yang jadi jalan, harus dibongkar semua supaya petugas bisa melakukan perawatan baja jembatannya, terutama risiko korosif pada baja jembatan yang diakibatkan residu baik debu atau air di baja jembatan yang tertutup papan. Makanya jembatan ditutup total," jelasnya.

Pihaknya berharap masyarakat di perbatasan kedua kabupaten di wilayah Priangan Timur itu bisa memahami langkah tersebut. Pasalnya, ada kepentingan yang lebih besar yang harus dijaga yakni keamanan dan keselamatan perjalanan KA di jalur utama selatan.

Pihaknya tak bisa memastikan durasi penutupan. Pasalnya, itu akan sangat bergantung kepada petugas yang melakukan perawatan jembatan. Terlebih, cuaca yang memasuki musim penghujan juga menjadi pertimbangan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Tol Akses Patimban Ditargetkan Rampung 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:46 WIB

LMK Pelari Nusantara Beri Tali Asih Haji Ukat.

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:55 WIB

Pertagas Berikan Pelatihan Pembuatan baglog di Medan

Jumat, 27 Januari 2023 | 02:23 WIB

Jelang Pemilu 2024, KIB Harus Semakin Solid

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:54 WIB
X