Bandara Soedirman Beroperasi Kembali Mulai 10 November, Kemenhub dan 5 Kabupaten Ini Beri Dukungan Penuh

- Kamis, 3 November 2022 | 09:37 WIB
Foto: Ditjen Perhuhungan Udara Kemenhub
Foto: Ditjen Perhuhungan Udara Kemenhub

PURBALINGGA- Lima kabupaten di wilayah Banyumas Raya menyatakan dukungannya terhadap pengoperasian kembali penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga.

Kelima kabupaten itu adaah Banyumas, Banjarnegara, Wonowono, Pemalang dan Purbalingga.

Dukungan Pemkab di wilayah Banyumas Raya tersebut mendapat sambutan baik dari Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebagai bentuk dukungan pengoperasian kembali Bandara Jenderal Besar Soedirman, Kemenhub dan lima Pemkab di Banyumas Raya tersebut sepakat menandatangani kerjasama.

Acara tersebut disaksikan Staf Ahli Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan, Maria Kristi Endah.

Dalam sambutannya, Maria Kristi Endah menyampaikan tentang upaya pemerintah pusat dan daerah dalam pemulihan konektivitas transportasi dan optimalisasi pengoperasian penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman.

“Kami menyambut baik dukungan lima pemkab terhadap pengoperasian kembali layanan penerbangan di Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, dengan memberikan jaminan terhadap keterisian penumpang pesawat udara, sehingga dapat mengoptimalkan kembali pengoperasian penerbangan rute Halim Perdanakusuma – Purbalingga,” ujar Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, usai acara Penandatanganan Surat Pernyataan Bersama Pelaksanaan Penerbangan di Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga.

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari arahan dan concern dari Menteri Perhubungan yang langsung turun ke lapangan mendorong kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah maupun antar Pemerintah Daerah dalam rangka pemulihan industri penerbangan setelah dua tahun terakhir terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Dengan semakin meningkatnya kolaborasi tersebut, dan juga support serta kawalan dari Ibu Maria Kristi Endah, tentunya dapat meningkatkan konektivitas dan tingkat keterisian pesawat (load factor) , dengan harapan bisa menurunkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau oleh masyarakat di tengah masih tingginya harga bahan bakar dan nilai tukar mata uang,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir ini harga tiket sub sektor transportasi udara relatif stabil dan cenderung melandai, sehingga diharapkan dapat berpartisipasi positif dalam pengendalian inflasi.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur ke New York

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:15 WIB

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok 5 Februari 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:14 WIB

LMK Pelari Datang, Revolusi Royalti Menjelang.

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:55 WIB

ASEAN Tak Boleh Menjadi Proksi Pihak Mana Pun

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:16 WIB
X