Makin Banyak Desa & Kelurahan Sadar Hukum, Makin Bagus

- Kamis, 3 November 2022 | 15:41 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan bahwa kesadaran hukum memberikan banyak manfaat. Untuk itu, dia berharap kegiatan pemberian pemahaman soal hukum ini bisa intensif.

"Sadar hukum itu identik dengan peningkatan moral dan akhlak, jadi makin tahu adab juga sehingga makin sadar tak mau melakukan pelanggaran," katanya pada peresmian desa dan kelurahan sadar hukum di Gedung Sate Bandung, Kamis (3/11/2022).

Berdasarkan data, jumlah desa dan kelurahan yang sudah mendapat predikat sadar hukum mencapai 3.126 buah. Angka ini termasuk desa dan kelurahan yang baru mendapatkannya pada 2022 sebanyak 262 buah. Jabar sendiri mempunyai 645 kelurahan dan 5.312 desa.

Dengan kesadaran hukum yang makin meningkat, mantan Bupati Tasikmalaya itu menyebut bahwa provinsi, kabupaten, dan kota bakal merasakan dampaknya. Di antaranya, daerah menjadi ikut terangkat citra positifnya.

Baca Juga: Penegakan Hukum Tragedi Kanjuruhan Harus Dilakukan dengan Seadil-adilnya

"Warganya, keluarganya, kampungnya, desa dan kelurahannya sadar hukum, menjadi pribadi yang baik, itu ujung-ujungnya daerah baik juga," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Dia pun berharap desa-desa yang sudah mendapatkan predikat tersebut bisa konsisten dan mengimplementasikannya dengan cakupan yang tak hanya fokus dengan warga di wilayahnya. Pemprov sendiri katanya komit untuk terus melakukan sosialisasi.

"Mereka sudah makin meningkat kadar sadar hukumnya, dapat penghargaan. Diharapkan makin hati-hati dalam persoalan hukum dalam aktivitasnya. Kita tentu berharap akselerasi dalam pemahaman soal hukum ini," katanya.

Baca Juga: Hedonisme Para Penegak Hukum: KPK, Polisi, Jaksa Sama Saja

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Tol Akses Patimban Ditargetkan Rampung 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:46 WIB

LMK Pelari Nusantara Beri Tali Asih Haji Ukat.

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:55 WIB

Pertagas Berikan Pelatihan Pembuatan baglog di Medan

Jumat, 27 Januari 2023 | 02:23 WIB

Jelang Pemilu 2024, KIB Harus Semakin Solid

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:54 WIB
X