KTT G20 Diharapkan Perkecil Perbedaan Antar Negara

- Selasa, 15 November 2022 | 18:58 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Ist.)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Ist.)

BADUNG, suaramerdeka-jakarta.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali, dapat menjadi wadah. Khususnya untuk memperkecil perbedaan di antara negara anggota.

"Presidensi Indonesia diharapkan mampu menurunkan ketegangan geopolitik yang tengah terjadi di antara sejumlah negara," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (15/11).

Menurutnya, DPR RI mendukung sepenuhnya pelaksanaan KTT G20. Selain itu berharap Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 menghasilkan kesepakatan pemimpin G20.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022 dan telah dibuka pagi tadi. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama Presidensi G20 Indonesia.

Pertemuan puncak KTT G20 tersebut telah diawali dengan sejumlah pertemuan lainnya. Antara lain seperti Konferensi Tingkat Menteri, Sherpa Meetings, Finance and Central Bank Deputies Meeting, Working Groups Meetings, dan Engagement Group Meetings.

"Keketuaan Indonesia dalam KTT G20 ini merupakan periode paling krusial dalam proses pemulihan ekonomi global. G20 di Bali perlu menjadi platform global, untuk memperkuat dialog, kerja sama internasional dan sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai krisis global yang bersifat multi-dimensi," ujarnya.

Perbedaan
Dia juga berharap, G20 di Bali dapat memperkecil perbedaan antar negara, karena ada dialog. G20 di Bali harus menciptakan ruang saling percaya (mutual trust) dan menurunkan ketegangan geopolitik antara kekuatan besar.

"Saya berharap G20 dapat menciptakan hasil konkrit. Yakni dalam upaya mencegah resesi yang tengah mengancam negara-negara dunia," tandasnya.

G20 juga diharapkan dapat memperkuat koordinasi kebijakan fiskal dan moneter antar negara. Terutama dalam mencegah perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X