Jabar Baru Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Uu: Jangan Jadi Sekadar Ajang Seremonial Saja

- Jumat, 18 November 2022 | 13:14 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Mendekati akhir tahun, BPBD Jabar menggelar apel gabungan kesiapsiagaan darurat bencana hidrometeorologi di halaman Gedung Sate Bandung, Jumat (18/11/2022).

Wagub Uu Ruzhanul Ulum yang bertindak sebagai inspektur kegiatan meminta kegiatan tersebut tak sekadar ajang unjuk kekuatan pasukan dan peralatan saja.

"Jangan hanya dijadikan ajaran seremonial saja, semua pihak yang hadir pada apel ini bisa melaksanakan langkah nyata termasuk upaya pencegahan," katanya.

Dirinya memang dilapori indeks risiko bencana Jabar mengalami penurunan menjadi kategori sedang setelah tahun-tahun sebelumnya di level tinggi.

Baca Juga: Pemerintah Perlu Kembangkan Komunikasi Risiko Hadapi Bencana

Hanya saja, dia mengingatkan bahwa ancaman bencana tetap mengintai. Hal ini tak terlepas dari karakteristik alam Jabar sehingga mempunyai risiko bencana yang tinggi.

"Data yang dihimpun BPBD Jabar dalam kurun waktu 2016-2021 juga menunjukan bahwa kecenderungannya jumlah kejadian bencananya naik dengan didominasi bencana tanah longsor, angin kencang, dan banjir," katanya.

Dalam kaitan itu, Plt Kepala BPBD Jabar, Budi Juanda menyatakan bahwa apel kesiapsiagaan itu tak terlepas dari faktor musim hujan yang lebih awal pada tahun ini. Karenanya, kesiapsiagaannya harus makin dipersiapkan.

Baca Juga: Kebencanaan Dalam Genggaman Tentu Bukan Sebatas Diidamkan, Tapi Kebutuhan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X