Keunggulan Pariwisata Jabar Bisa Survive Saat Pandemi Siap Jadi Bahasan

- Selasa, 22 November 2022 | 06:42 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Jabar akan membagikan pengalamannya selama pandemi Covid-19 terutama di sektor pariwisata yang bisa pulih lebih cepat dibandingkan daerah lainnya di Indonesia dalam pertemuan antar-kepala daerah di kawasan Asia Timur.

Jabar dipercaya menjadi tuan rumah pertemuan bertajuk "The 11th East Asia Local and Regional Government Congress" pada 23-25 November 2022 di Kota Bandung.

Mereka yang dijadwalkan hadir di antaranya dari sejumlah prefektur di Jepang, Korsel, Tiongkok, Vietnam, Malaysia, dan Philiphina. Dari dalam negeri turut berpartisipasi adalah Yogyakarta.

Menurut Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, pariwisata wilayahnya mampu bangkit lebih cepat karena mempunyai kekuatan pada wisatawan lokal. Dengan jumlah penduduk hampir 50 juta, mobilitasnya mampu mendinamiskan banyak objek wisata di wilayahnya.

Baca Juga: Mekarkan Pakubumi di Jabar Selatan hingga Mewangi, Pangandaran Adalah Kunci

"Jabar ini punya potensi pariwisata yang sebetulnya cukup dari sumber-sumber yang lokal saja, karena ada 49 juta jiwa, makanya kita lihat Bali itu kan recovery-nya agak slow gitu ya, agak lambat, karena misalnya didatangin ke sana ya lewat udara kan gitu," katanya pada giat Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Senin (21/11/2022).

Karena itu, dalam pertemuan tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan memaparkannya secara detail pendekatan-pendekatan yang dilakukan guna mengoptimalisasi pariwisata di wilayahnya dengan mengandalkan kekuatan lokal tersebut.

Tak hanya itu, Emil juga bakal membagikan kiat lainnya dalam ikhtiar bertahan selama pandemi terutama terhadap industri-industri yang ada di wilayahnya.

Baca Juga: Digitalisasi di Pangandaran, Optimalisasi Ikhtiar Terhadap Destinasi Andalan di Selatan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X