Wamenkes: HKN ke-58 Momentum Menuju Indonesia Sehat dan Tangguh

- Rabu, 23 November 2022 | 13:16 WIB
 (Pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “BANGKIT INDONESIAKU SEHAT NEGERIKU.”)
(Pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “BANGKIT INDONESIAKU SEHAT NEGERIKU.”)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “BANGKIT INDONESIAKU SEHAT NEGERIKU”. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini diharapkan dapat menjadi momentum pulihnya berbagai sektor kesehatan di masyarakat sehingga Indonesia sehat dan tangguh.

 

“Semangat ini membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. Saya berharap rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional memberikan kontribusi dalam mewujudkan lingkungan sehat dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal,” kata Dante saat memberikan kata sambutan mewakili Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam acara Penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan sebagai rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-58 di tahun 2022, di Jakarta (23/11/2022).

 

Dante menambahkan, Kementerian Kesehatan saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan. Enam pilar transformasi kesehatan tersebut adalah transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, transformasi ketahanan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan serta transformasi teknologi kesehatan.

Baca Juga: Kata kata Perpisahan Ronaldo Usai Resmi Berpisah Dengan MU: Saya Mencintai Para Penggemar

“Salah satu wujud transformasi kesehatan adalah melalui pemberian apresiasi/penghargaan kepada para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk implementasi aksi dalam mewujudkan berbagai program kesehatan (termasuk program penyehatan lingkungan) dalam rangka percepatan pencapaian indikator pembangunan bidang kesehatan dalam RPJMN dan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024,” ujar Dante.

 

Dante menambahkan, lingkungan sehat adalah salah satu bentuk upaya preventif dan promotif pengendalian penyakit berbasis lingkungan dimana paradigma sehat harus diimplementasikan di segala lini seperti di tempat fasilitas umum (bandar udara, pelabuhan, terminal, rumah sakit dan restaurant, kantin).

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB

Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan BBM

Selasa, 31 Januari 2023 | 05:25 WIB

Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

Senin, 30 Januari 2023 | 21:36 WIB

Koalisi Paling Solid, KIB Miliki Modal Besar

Senin, 30 Januari 2023 | 21:33 WIB

RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga

Senin, 30 Januari 2023 | 21:25 WIB
X