Jabar Ingin Kerjasama dengan Shizuoka Diterapkan Dalam Pemulihan Pasca Gempa Cianjur

Budi Nugraha
- Kamis, 24 November 2022 | 22:58 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan pihaknya ingin langsung mengimplementasikan kerjasama dengan Prefektur Shizuoka, Jepang dalam fase rehab pasca gempa darat 5,6 Cianjur.

Sebelumnya, kedua Pemda tersebut sepakat untuk tukar pengalaman dalam persoalan kebencanaan pada pembahasan di hajatan "The 11th East Asia Local and Regional Government Congress" selama dua hari di Kota Bandung yang berakhir Kamis (24/11/2022).

"Terutama untuk rumah tahan gempa, atau rumah warga yang sudah existing pembangunannya harus seperti apa supaya tahan gempa juga dari kerjasama ini, karena Shizuoka pengalamannya itu puluhan tahun soal kegempaan," katanya.

Langkah itu diharapkan bisa sejalan dengan rencana pemerintah pusat yang akan membangun kembali rumah warga yang terdampak gempa darat pada Senin (21/11/2022) siang. Tentu saja, itu baru bisa dilakukan selepas proses pencarian korban rampung.

Baca Juga: Konstruksi Bangunan Jadi Sumber Petaka Gempa Darat 5,6 Cianjur

Dalam pembahasan kebencanaan tersebut, Emil menegaskan bahwa Jabar yang juga dikenal sebagai wilayah rawan harus bisa memposisikan diri sebagai provinsi tangguh bencana. Dalam waktu dekat, SDM kebencanaan bakal dikirim ke prefektur tersebut untuk mempelajarinya.

Keinginan tersebut mendapat respon hangat Pemda Shizuoka untuk dapat memberikan pengalamanya selama penanganan kebencanaan. Terlebih Jepang dikenal dengan kejadian gempanya sehingga masyarakatnya unggul dalam urusan mitigasi.

Menurut Wagub Prefektur Shizuoka, Ideno Tsutomu, pihaknya menyambut dengan terbuka keinginan tersebut. Pihaknya siap memberikan pengalamannya. Di antaranya adalah persoalan kebijakan.

Baca Juga: Situasi Global Tak Menentu, Presiden Jokowi: Kita Harus Tetap Optimis

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atmos Hadir Lagi di Urban Sneaker Society 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:09 WIB

Farha, Banyak Kejahatan di Luar Sana.

Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:30 WIB
X