Capai 60 Persen, Pemilih Muda akan Jadi Rebutan Parpol

- Jumat, 25 November 2022 | 15:22 WIB
Pakar komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Dian Bestari Santi Rahayu. (instagram/@dianadisuwirjo)
Pakar komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Dian Bestari Santi Rahayu. (instagram/@dianadisuwirjo)

PURWOKERTO, suaramerdeka-jakarta.com - Jumlah pemilih muda dalam Pemilihan Umum 2024 yang mencapai 60 persen, membuat mereka akan menjadi rebutan bagi tiap partai politik. Sehingga, qkan menjadi sebuah kerugian besar jika parpol tidak mampu mengambil ceruk dalam perebutan tersebut.

"Untuk itu komunikasi pemasaran yang mensosialisasikan branding parpol sebagai partai yang 'aku banget' harus dilakukan sejak sekarang," kata kata pakar komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Dian Bestari Santi Rahayu di Purwokerto, Jumat (24/11).

Menurutnya, potensi pemilih muda yang besar, merupakan aset yang harus dimanfaatkan oleh parpol. Sehingga, pola komunikasi yang dijalankan bukan lagi tentang parpol sebagai subyek.

"Akan tetapi menempatkan para pemilih muda ini sebagai center. Hal itu termasuk apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka sukai," ujarnya.

Juga role model yang mereka ikuti dan sebagainya. Sehingga, agenda yang diusung parpol bisa dikemas sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Karena, untuk menjangkau para pemilih muda, parpol memang wajib menyiapkan strategi komunikasi yang 'nyambung' dengan karakter mereka," tandasnya.

Pesan
Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed itu menambahkan, pesan harus 'nyambung' dengan pemilih muda. Sehingga tentunya desain komunikasi yang dibuat harus mempertimbangkan struktur pesan yang mewakili karakter mereka.

"Antara lain seperti pemilihan isu/tema yang dibutuhkan anak muda; pemanfaatan diksi yang sedang happening; pemilihan spokeperson yang dianggap mewakili generasi muda dan bentuk pesan yang kekinian," tegasnya.

Termasuk pemilihan platform/media untuk diseminasi pesan ala anak muda. Dia lantas mencontohkan Maudy Ayunda, yang dipilih sebagai spokeperson G20 kemarin.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Atmos Hadir Lagi di Urban Sneaker Society 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:09 WIB

Farha, Banyak Kejahatan di Luar Sana.

Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:30 WIB
X