Dukungan Media Massa Diperlukan sebagai Jembatan Informasi

- Sabtu, 26 November 2022 | 17:00 WIB
Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertema Refleksi Kinerja DPR RI 2022 melalui Harmonisasi Peran Media di Parlemen. (Saktia Andri Susilo)
Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertema Refleksi Kinerja DPR RI 2022 melalui Harmonisasi Peran Media di Parlemen. (Saktia Andri Susilo)

PURWOKERTO, suaramerdeka-jakarta.com - Komunikasi yang baik sangat diperlukan antara wakil rakyat dengan media massa. Hal itu agar kerja-kerja legislatif diketahui oleh masyarakat yang diwakilinya.

"Konsep parlemen modern memang mengharuskan adanya kerja sama yang baik, antara anggota dewan dengan media massa yang menjadi jembatan informasi," kata Anggota DPR RI Siti Mukaromah di Purwokerto, Jumat (25/11).

Hal itu disampaikannya dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI. Forum tersebut mengambil tema Refleksi Kinerja DPR RI 2022 melalui Harmonisasi Peran Media di Parlemen.

"Secara pribadi, memang saya selalu berusaha untuk membangun jaringan komunikasi yang semaksimal mungkin. Peran media massa sangat strategis bagi DPR RI," ujarnya.

Baik secara kelembagaan dan juga masyarakat yang butuh informasi. Terutama atas kerja yang dilakukan anggota dewan.

"Sebab, kurangnya pemahaman atau bahkan ketidaktahuan masyarakat terhadap kerja-kerja legislatif, menjadi persoalan bagi anggota dewan. Khususnya dalam menjalankan fungsi-fungsi kedewanan," tandasnya.

Terpercaya
Tantangan tersebut membutuhkan dukungan media massa. Sehingga, tiga fungsi yang dimiliki anggota DPR RI, yaitu fungsi penganggaran, pengawasan dan legislasi, dapat diperoleh dan dipahami masyarakat secara valid dengan sumber terpercaya.

"Media massa juga berperan memberikan pemahaman baik kepada masyarakat. Khususnya tentang kedudukan anggota DPR sebagai kader yang dipercaya oleh partai politik yang mewadahinya, dalam mengakomodasi kepentingan dan aspirasi rakyat," tegasnya.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR itu juga mengaku tidak lagi berpikir untuk pribadi, kelompok dan partai yang mewadahinya. Khususnya ketika harus memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB
X