Satu Balon dari Dua Balon Ketua Forwaka Tidak Lolos Administrasi

- Minggu, 27 November 2022 | 11:37 WIB
forwaka
forwaka
 
 
JAKARTA-Ketua Forum Wartawan Kejaksaan RI (Forwaka) Periode 2013-2014, Nurokhman sebagai bakal calon (Balon) tidak lolos sebagai calon Ketua Forwaka periode 2022-2024 karena dalam dua menit tidak bisa  memberikan bukti dukungan 25 persen dari peserta musyawarah besar (Mubes). Sehingga, ketua Forwaka petahana, Zam Zam Siregar menjadi calon tunggal, Sabtu (26/11).
 
Pemilihan Ketua Forwaka dipimpin oleh Tim Formatur yang terdiri dari tiga orang pengurus Forwaka sebelumnya yakni Haris Fadilah, Alan Jhon dan Aji. Selanjutnya, tim Formatur dari pengurus tersebut membacakan tata tertib pemilihan ketua yang kemudian langsung disepakati. Berdasarkan Tata Tertib Pemilihan Ketua Forwaka yang dibuat oleh pengurus Forwaka Periode 2020-2022 yang disepakati oleh peserta Mubes, semua bakal calon Ketua Forwaka harus memberikan bukti dukungan 25 persen dari peserta Mubes untuk ditetapkan sebagai calon Ketua Forwaka. Kemudian, pada acara yang diselenggarakan di Hotel Nuanza, Cikarang tersebut ada dua bakal calon yang mengajukan diri yaitu, ketua petahana, Zam Zam Siregar dan Nurokhman.
 
Dalam kesempatan tersebut, Nurokhman yang diberi kesempatan selama dua menit tidak berhasil membuktikan dukungan 25 persen dari 40 peserta. Sementara, dalam dua menit Ketua petahana tiga periode berhasil menunjukan bukti dukungan dari peserta sebanyak 25 orang. 
 
Pada saat maju menjadi bakal calon Ketua Forwaka periode 2022-2024, Nurokhman sempat menyampaikan alasannya maju untuk menjaga iklim demokrasi dalam pemilihan Ketua Forwaka. "Dengan mengesampingan rasa malu, saya siap menjadi bakal calon Ketua," ujar Nurokhman singkat tanpa menunjukan bukti dukungan terhadapnya.
 
Sementara, Zam Zam yang sudah tiga periode menjabat ketua Forwaka dalam waktu kurang dari dua menit langsung menunjukan dukungan sebagai calon ketua Forwaka. Di mana, pendukungnya yang sebagian besar adalah pengurus petahana langsung berdiri sebagai bentuk bukti dukungan. 
 
Zam Zam tiga kali naik podium pada saat acara itu yakni pada saat memberikan sambutan, laporan pertanggungjawaban program unggulannya yaitu kesejahteraan wartawan Kejaksaan Agung melalui program Futsal, Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.
 
Pada kesempatan tersebut, Zam Zam juga menyampaikan kesuksesan acara yang diselenggaran di Hotel Nuanza Cikarang yang merupakan kerja keras kepengurusannya. Meskipun, tidak ada anggaran dari Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI.
 
Selanjutnya, Ketua Tim Formatur, Haris Fadilah yang memimpin rapat langsung memutuskan Zam ZAM sebagai Ketua Forwaka periode 2022-2024 karena hanya satu bakal calon yang lolos sebagai calon  Ketua Forwaka. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Ketua Forwaka yang dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Ricky Setiawan Anas.
 
Setelah kegiatan tersebut, seluruh peserta kembali melanjutkan acara selanjutnya yakni hiburan dan ramah tamah. Pada akhir acara tersebut, mereka kembali berbaur penuh keceriaan.  (*)
 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Terkini

Pertagas Berikan Pelatihan Pembuatan baglog di Medan

Jumat, 27 Januari 2023 | 02:23 WIB

Jelang Pemilu 2024, KIB Harus Semakin Solid

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:54 WIB

Ini Langkah Pemerintah Sehingga Mampu Tangani Pandemi

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:20 WIB
X