Kejar Kompetensi HSSE Via Inovasi HTCW 2022

- Senin, 28 November 2022 | 09:48 WIB
Incident Command System Subholding Upstream. (Pertamina Hulu Energi/PHE)
Incident Command System Subholding Upstream. (Pertamina Hulu Energi/PHE)

SUNGAI GERONG, BANYUASIN, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Pertamina Corporate University (PCU) sukses menyelenggarakan HSSE Training & Certification Week (HTCW) 2022, pelatihan dan sertifikasi bidang HSSE terbesar dan pertama yang melibatkan lebih dari 580 peserta sekaligus dalam satu agenda. Salah satu tujuan utama HTCW 2022 adalah mengejar pemerataan kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi HSSE seluruh pekerja di lingkungan Grup Pertamina.

Jamaludin, HSE Support Marketing Office Regional (MOR) 5 Surabaya yang mengikuti pelatihan working at high, mengungkapkan bekerja di ketinggian membutuhkan skill khusus yang memang harus dipelajari dan dilatih. Salah satu hal yang jadi fokus adalah teknik tali- temali.

Baca Juga: Adab dan Etika Politisi

"Lalu pengamatan ekstra karena menyangkut nyawa orang, ternyata kerja aman ada kiat ada prosedur jangan hanya mengejar proyek tapi keselamatan," kata Jamaludin, di HSE TC Sungai Gerong, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (25/11/2022).

Keselamatan kerja jadi prioritas dalam pelatihan. Seperti dalam pelatihan gas tester, banyak pengetahuan dasar serta membutuhkan peralatan khusus dalam mengamankan ruangan agar terbebas dari gas berbahaya.

Baca Juga: Politik adalah Komedi Baru

"Kami memastikan di area tersebut aman dari gas berbahaya misalnya kalau ada welding atau pengelasn. Masuk ke ruang terbatas atau tertutup seperti di dalam tangki. Kami harus tahu cara menggunakan alat gas detektor," ujar Andi Nurokman, Junior Operator 1 Refinery Unit VI Balongan, Indramayu.

HTCW yang baru pertama kali digelar menjadi pengalaman berharga bagi para peserta. Menurut mereka, metode pelatihan yang baru dengan menggabungkan teori dan praktik sekaligus diikuti dengan challenge atau skenario langsung yang disatukan dalam satu agenda merupakan pengalaman baru dalam pelatiham HSSE yang tidak didapat di tempat lain.

Baca Juga: Soekarno Sungkawa

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adaptasi Kebiasaan Baru Dunia Digital

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:43 WIB
X