Gercep, De-EP Foundation Bangun Huntara Jannati di Cianjur, Fasilitas Hingga Pemberdayaan Ekonomi

- Senin, 28 November 2022 | 14:28 WIB
Huntara Jannati DeEP Foundation
Huntara Jannati DeEP Foundation

jakarta.suaramerdeka.com - Dewa Eka Prayoya Foundation (DeEP-F) memilih menginisiasi pembangunan Hunian Sementara Rasa Layanan Surgawi (Huntara Jannati) bagi warga terdampak gempa darat 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur.

Menurut Founder DeEP-F, Rendy Saputra, para korban gempa Cianjur tidak hanya mendapat hunian sementara. Sejumlah fasilitas lainnya juga disiapkan bagi mereka sehingga pendekatan itu bisa membuat mereka bisa bangkit kembali.

Pembangunan Huntara Jannati sendiri sudah berlangsung. Untuk tahap pertama, sebanyak dua unit mulai berdiri di Kavling Madani Asri I (Babakan Gasol), Cugenang, Kabupaten Cianjur. Peresmian Huntara Jannati hasil kerja sama DeEP-F bersama Muhsinin Club dan Selamatkan Indonesia dengan Al-Quran (SIDAQ) Solidarity itu diresmikan Minggu (27/11/2022).

"Huntara Jannati merupakan program bantuan DeEP-F bagi korban gempa Cianjur secara holistik. Di Huntara ini ada empat fasilitas besar yang kami berikan. Ada hunian, makanan, penguatan keimanan, hingga keilmuan dakwah serta pemberdayaan ekonomi sebagai wujud recovery korban gempa Cianjur," kata Rendy dalam keterangannya.

Baca Juga: Masih Ada 11 Korban Gempa yang Hilang, Operasi SAR di Cianjur Diperpanjang

Dengan konsep tersebut, DeEP-F menegaskan bantuan yang diberikan diharapkan tak mau dicap hanya sebatas selebrasi dan numpang logo lantas pergi begitu saja ketika masa tanggap darurat selesai. Karenanya, pihaknya lebih memilih memberikan bantuan jangka panjang hingga masa recovery selesai.

Untuk itu, para korban gempa Cianjur tersebut bakal menempati Huntara Jannati setidaknya selama satu tahun. Selama setahun, mereka akan mendapatkan empat fasilitas besar tersebut sehingga mampu kembali hidup mandiri dan menata kehidupannya.

"Kenapa kami bangun Huntara? Kan konsepnya hunian sementara, konsepnya satu tahun karena kami yakin recovery gak akan cepat," tutur Rendy sembari menyebut Huntara Jannati dibangun secara permanen menggunakan material yang relatif tahan terhadap gempa susulan seperti penggunaan baja ringan dan papan GRC untuk dindingnya.

Baca Juga: Komando Penanganan Dampak Gempa Darat Cianjur Diserahkan ke Daerah

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB

Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan BBM

Selasa, 31 Januari 2023 | 05:25 WIB
X