Emil dan Golkar Miliki Relasi Saling Melengkapi

- Senin, 28 November 2022 | 18:14 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil pada Mukernas I dan HUT ke-65 Ormas Kosgoro di Gedung Sate, Bandung. (Ist)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil pada Mukernas I dan HUT ke-65 Ormas Kosgoro di Gedung Sate, Bandung. (Ist)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) dan Partai Golkar dinilai memiliki relasi yang saling melengkapi. Meskipun sejauh ini, dia belum memutuskan keberpihakannya dalam partai politik tertentu.

"Jadi sebenarnya relasi antara Kang Emil dan Golkar itu saling melengkapi," kata pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, pada beberapa kesempatan dia mengungkapkan akan merapat ke parpol. Dan parpol yang dipilih adalah yang dinilainya paling pancasilais.

Selain itu, Golkar juga punya persambungan tradisi kuat di Jabar. Golkar sempat menjadi partai dengan pendukung yang sangat besar di Jabar pada Pemilu 2004.

"Dari pernyataannya itu, ada kecenderungan Kang Emil akan merapat ke Golkar. Kang Emil membawa harapan untuk mendapatkan dukungan politik, ketika memutuskan untuk bergabung ke Golkar," ujarnya.

Dukungan itu bisa berupa posisi cawapres pada Pilpres 2024 ataupun nanti pada kontestasi Pilpres 2029. Sedangkan Golkar akan mendapat manfaat efek ekor jas dengan masuknya sosok emil ke partai berlambang beringin itu.

Populer
Hal itu karena dia merupakan tokoh paling populer di Jabar. Selain itu, dia juga merupakan politisi yang paling populer dalam menggunakan media sosial.

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengaku sudah melihat keindahan hubungan Emil dan partai berlambang pohon beringin. Keindahan hubungan itu dikatakannya hanya memiliki satu perwujudan.

"Yakni kemenangan Golkar dalam Pemilu 2024. Untuk memenangi pemilu, salah satu kuncinya adalah memenangi salah satu provinsi di Pulau Jawa," tandasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB

Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan BBM

Selasa, 31 Januari 2023 | 05:25 WIB
X