Media Massa Penting untuk Dukung DPR sebagai Parlemen Modern

- Selasa, 29 November 2022 | 12:51 WIB

Purwokerto, suaramerdeka-jakarta.com - Anggota DPR RI Siti Mukaromah mengatakan, media memiliki peran penting sebagai support system dalam mendukung DPR RI sebagai Parlemen Modern. Karenanya, dukungan media massa penting untuk memberikan informasi kinerja tiga fungsi yang dimiliki DPR RI yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan dan legislasi. 
 
"Konsep parlemen modern mengharuskan adanya kerja sama baik antara Anggota DPR RI dengan media massa yang menjadi jembatan informasi. Oleh karena itu, media massa berperan sangat strategis bagi DPR RI secara kelembagaan dan masyarakat yang butuh informasi atas kerja yang dilakukan Anggota Dewan," ujar Erma, sapaan akrab Siti Mukaromah saat hadir sebagai narasumber dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertema ‘Refleksi Kinerja DPR RI 2022 melalui Harmonisasi Peran Media di Parlemen’ di Purwokerto. 
 
Selain itu, Politisi Fraksi PKB ini pada kesempatan tersebut menceritakan kiprahnya sebagai wakil rakyat yang tidak lagi berpikir untuk pribadi maupun kelompok dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. "Saya tidak lagi hanya berpikir untuk menjadi wakil di dapil saja tetapi juga seluruh rakyat Indonesia. Agar bagaimana kepentingan dan kebijakan-kebijakan dalam DPR yang pro seperti aspirasi perempuan dan anak itu juga bagian dari yang harus diteriakkan,” tandasnya.
 
Tak hanya itu, Legislator dapil Jawa Tengah VIII yang meliputi Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap ini mengatakan bahwa Anggota DPR juga memiliki agenda masa sidang yang dinamakan reses. Erma yang duduk di Komisi VI dan Banggar DPR RI itu menjelaskan reses adalah agenda kunjungan ke dapil maupun kunjungan kerja ke daerah lain sesuai penugasan dari Komisi-Komisi DPR sesuai pembidangan maupun alat kelengkapan DPR lainnya.
 
"Agenda kunjungan kerja bukan masa libur kerja, tetapi sesungguhnya merupakan agenda kerja DPR di luar rutinitas rapat bersama mitra kerja DPR antara lain lembaga pemerintah baik kementerian dan lembaga negara lainnya dan juga lembaga non pemerintah. Wakil rakyat bukan hanya selesai memperjuangkan ketika di rapatnya saja di Jakarta, tetapi jangan sampai tidak tahu bahwa itu adalah kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang ada di daerah seperti di pelosok-pelosok,” pungkas Erma.
 
Sementara itu, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI Indra Pahhlevi mengakui peran strategis media massa dalam memberikan informasi valid dan terpercaya tentang kegiatan dan kerja Anggota DPR kepada masyarakat. Indra berharap, semangat kolaborasi dan harmonisasi terus ditingkatkan untuk memperkuat ciri parlemen modern.
 
Terkait hal itu, Indra berharap kegiatan Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bisa semakin mengukuhkan semangat kolaborasi dalam kerangka yang positif dan upaya mewujudkan konsep parlemen modern yang diinginkan DPR RI. "Ke depan, berharap kerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) dapat terus terjaga, semakin produktif dan harmonis untuk mendukung kerja-kerja kedewanan dalam menyalurkan informasi ke tengah masyarakat,” tutur Indra. 
 
Turut hadir dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI tersebut diantaranya Plt. Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Suprihartini, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPR RI Sumariyandono, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Sekretariat Jenderal DPR RI M. Irfan beserta segenap jajaran Sekretariat Jenderal DPR RI dan Ketua KWP Ariawan beserta segenap jajaran dan pengurus KWP.
 
 
 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Adaptasi Kebiasaan Baru Dunia Digital

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:43 WIB
X