Bantuan Terus Mengalir, Atalia Minta Warga Jangan Kembali Ke Rumah Dulu

- Kamis, 1 Desember 2022 | 13:20 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Pendiri Jabar Bergerak, Atalia Praratya meminta warga yang rumahnya terdampak gempa darat 5,6 Cianjur untuk tak memaksakan diri kembali ke rumahnya. Pihaknya khawatir langkah itu justru berpotensi membahayakan.

Untuk itu, melalui jejaringnya termasuk relawannya yang bertugas di lapangan, istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu mewanti-wanti hal tersebut. Tinggal persoalannya, perkuatan di lokasi yang jadi tempat penampungan warga mengingat cuaca hujan yang tak bersahabat.

"Jadi saya sudah arahkan di jejaring saya bahwa sampai sudah aman statusnya, tidak boleh ada yang tinggal di dalam rumah sudah saja di luar," katanya pada giat penyerahan simbolis bantuan donatur untuk Korban Bencana Cianjur via Jabar Bergerak di Gedung Pakuan Bandung, Kamis (1/11/2022).

Dia pun sempat menyinggung gempa-gempa susulan yang masih terjadi. Bahkan sorotan terkesan dilayangkannya karena pada saat seperti itu, justru ada arahan kepada warga untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Lahan 16,5 Hektare Untuk Relokasi Korban Gempa, Warga Mulai Diminta Kembali ke Rumah

"Kita berpikir bahkan BMKG beberapa waktu yang lalu mengumumkan bahwa masyarakat bisa kembali ke rumah masing-masing tapi ternyata sampai jam 11.00 tadi malam, Cianjur masih diguncang gempa, masih ada beberapa susulan dan itu terus terjadi setiap hari," jelasnya.

Melalui bantuan yang dipercayakan ke Jabar Bergerak, Atalia menyatakan pihaknya berupaya menghadirkan kenyamanan di pengungsian, terutama kualitas tenda sehingga masyarakat bisa beristirahat dengan layak.

Terlebih, jelasnya, kondisi kesehatan pengungsi saat ini sedang menurun. Mereka di antaranya sudah mulai gatal-gatal hingga diare gegara air bersih. "Jadi ini lebih kepada sanitasi," katanya sambil menyatakan pihaknya siap memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan vital seperti air bersih, MCK, hingga siap menghadirkan rumah tahan gempa.

Baca Juga: Proses Pencarian Korban di Cijedil Cianjur Kembali Diperpanjang

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adaptasi Kebiasaan Baru Dunia Digital

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:43 WIB
X