Universitas Pakuan Kukuhkan Gelar Profesor Ilmu Hukum kepada Sufmi Dasco Ahmad

- Kamis, 1 Desember 2022 | 15:03 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Universitas Pakuan mengadakan sidang terbuka senat akademika Universitas Pakuan dalam rangka pengukuhan Guru Besar ke-14, Dr. Sufmi Dasco Ahmad, SH., MH., sebagai Profesor bidang ilmu hukum. 
 
Dalam orasi ilmiah sebagai profesor bidang ilmu hukum dengan judul “Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat”, Dr. Sufmi Dasco Ahmad, SH., MH., menyampaikan, pemilu merupakan mekanisme utama dan prasyarat bagi demokrasi perwakilan. Upaya mendapatkan “mandat rakyat” tersebut harus melalui sebuah Pemilu yang jujur dan adil serta beradab.
 
"Pemerintahan demokrasi adalah sistem pemerintahan suatu negara yang kekuasaannya mutlak di tentukan oleh rakyat baik secara langsung maupun melalui perwakilan rakyat," ujarnya di Sentul International Convention Centre (SICC),  Kamis (1/12/2022). 
 
Dia pun menjabarkan suasana pemilu yang menurutnya sebagai puncak dari pesta demokrasi di Indonesia.
 
"Dalam paham kedaulatan rakyat, rakyatlah yang dianggap sebagai pemilik dan pemegang kekuasaan tertinggi suatu negara. Rakyatlah yang menentukan corak dan cara pemerintahan diselenggarakan. Rakyatlah pula yang menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara dan pemerintahannya itu," papar Dasco. 
 
 
Dia juga menjelaskan bahwa jaminan dan perlindungan terhadap hak dan kebebasan warga negara merupakan pilar utama demokrasi. 
 
"Sesuai prinsip kedaulatan rakyat, maka seluruh aspek penyelenggaraan pemilihan umum harus dikembalikan kepada rakyat untuk menentukannya," ungkap dia.
 
Pada pengukuhan Guru Besar ini rektor Universitas Pakuan, Prof. Dr. Rer, Pol. H. Didik Notosudjono, M.Sc., mengucapkan selamat kepada yang sangat terpelajar Dr. Sufmi Dasco Ahmad dan Keluarga atas raihan Jabatan Akademik tertinggi sebagai Guru Besar di bidang ilmu hukum. Rektor juga menyampaikan, kualitas SDM di Universitas Pakuan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi. Berdasarkan nilai-nilai luhur yang diemban Universitas Pakuan, yaitu Pancasila, Keilmuan, Silih Asih, Silih Asah dan Silih Asuh yang diturunkan melalui visi Unggul, Mandiri dan Berkarakter, Universitas Pakuan bertekad tidak hanya mencerdaskan putra putri bangsa melalui pelayanan pendidikan tingkat diploma, sarjana, magister dan doktor, namun juga turut serta dalam pembangunan nasional dan daerah. 
 
Pengkuhan dihadiri sejumlah tokoh negara seperti Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto; Ketua DPR RI, Puan Maharani; Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan beberapa tokoh nasional lainnya.
 
 
Sementara itu, Menhan Prabowo Subianto yang hadir memberi sambutan berpesan kepadanya untuk tetap amanah mengemban jabatannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum.
 
"Kalau kita berjuang bersama, tidak ada atasan atau bawahan. Kalau kita berjuang bersama, kita memiliki nilai yang sama, kita adalah kawan seperjuangan. Kawan seperjuangan, tidak melihat posisi, tidak mementing duduk yang paling depan atau yang diduduk paling belakang. Siapa tahu yang duduk paling belakang, dialah yang berbuat besar," kata Prabowo.

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X