Dinamika Pencapresan di KIB Tak Akan Jadi Konflik Internal

- Senin, 5 Desember 2022 | 19:26 WIB
Para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu. (Dok. )
Para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu. (Dok. )

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Dinamika pengajuan nama dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dinilai masih dalam kategori normal. Apalagi, masih ada cukup waktu untuk memastikan nama yang bakal diusung koalisi yang beranggotakan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional tersebut.

"Saya pikir masih normal saja. Perjalanannya masih agak panjang, sampai akhir tahun depan," kata analis politik Exposit Strategic Arif Susanto, Senin (5/12).

Seperti diketahui, para ketua umum partai politik dalam KIB cenderung mendukung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Tapi banyak di antara kader PAN dan PPP yang justru condong pada calon eksternal, seperti Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan.

"Dinamika yang muncul dalam pembahasan nama capres KIB dapat dinilai sebagai upaya untuk membangun posisi tawar. Pertama, posisi tawar dari nama figur atau kandidat, seperti Anies atau Ganjar," ujarnya.

Selanjutnya adalah posisi tawar dari faksi yang mengajukan. Sedang yang kedua adalah posisi tawar pihak yang mengajukan nama itu sendiri.

"Bisa jadi dari relawan, bisa jadi dari faksi-faksi tertentu dalam partai yang bersangkutan. Harapannya, siapapun nama yang muncul, mereka mendapatkan bagian dari kue kekuasaan yang diharapkan," tandasnya.

Ditegaskan, perbedaan suara tersebut juga tidak akan berlanjut membesar, hingga menjadi konflik internal. Meski, perbedaan nama figur yang muncul itu menunjukkan adanya faksi-faksi dalam KIB yang mempunyai pilihan lain.

"Kalau misal menimbulkan riak, mungkin iya. Tapi saya kira terlalu jauh sehingga sampai mengakibatkan terjadinya konflik internal," tegasnya.

Masuk Akal
Dijelaskan, langkah politk KIB akan lebih masuk akal dengan bersiap pada posisi cawapres. Dimana menurutnya hal itu sejauh ini cukup rasional.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur ke New York

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:15 WIB

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok 5 Februari 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:14 WIB

LMK Pelari Datang, Revolusi Royalti Menjelang.

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:55 WIB

ASEAN Tak Boleh Menjadi Proksi Pihak Mana Pun

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:16 WIB

Kerja Sama Politik, PDIP Lihat Kesamaan Ideologi

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:49 WIB

Tokoh Muda NU Bela OJOL, Tolak Bayar ERP

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:37 WIB
X