Penguasaan Digitalisasi bagi Insinyur Bersifat Mutlak, Sudah Jadi Tuntutan

- Senin, 5 Desember 2022 | 22:37 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, Bambang Goeritno menyebut digitalisasi dan automasi bagi insinyur merupakan kebutuhan yang tak bisa ditawar lagi terlebih di era industri 4.0.

Dia menjelaskan bahwa penguasaan itu membuat para insinyur menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat dalam pekerjaannya. "Sehingga ini menghasilkan deliverables yang lebih berkualitas pastinya," katanya dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

Tuntutan tersebut jelas tak mudah. Pasalnya, kondisi tersebut mengharuskan para insinyur bisa lebih fokus pada peningkatan keterampilan dan kompetensi secara terus-menerus.

Penguasaan digitalisasi dan automasi yang diperlukan di antaranya big data, internet of things (IoT), dan sensor-based technology, geographic information systems (GIS), building information modelling (BIM), augmented reality (AR) and mobile technology, dan artificial intelligence (AI).

Baca Juga: Menteri Basuki : Kualitas Pembangunan Infrastruktur Ditentukan oleh Para Insinyur

"Ini semua akan menopang karir para Insinyur untuk bisa mendapatkan posisi strategis di proyek dan perusahaan tempat bekerja," katanya.

Terlebih bagi insinyur pemula, Bambang Goeritno berharap mereka dapat mengoptimalkan proses adaptasi tersebut karena akan bersifat menentukan.

"Sehingga mereka bisa menjadi insinyur berpengalaman, lebih matang dan kemudian memutuskan jalur mana yang akan mereka pilih seperti manajemen proyek, spesialis, atau pengembangan bisnis." jelasnya.

Baca Juga: Optimalisasi Peran Data dan Digitalisasi untuk Mencapai Sustainability

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur ke New York

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:15 WIB

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok 5 Februari 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:14 WIB

LMK Pelari Datang, Revolusi Royalti Menjelang.

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:55 WIB

ASEAN Tak Boleh Menjadi Proksi Pihak Mana Pun

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:16 WIB

Kerja Sama Politik, PDIP Lihat Kesamaan Ideologi

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:49 WIB
X