Akses Informasi Bagi Penyandang Disabilitas Masih Perlu Diperbaiki

- Selasa, 6 Desember 2022 | 13:46 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Hak atas informasi bagi penyandang disabilitas sejauh ini kerap terabaikan. Untuk itu diperlukan kesadaran bersama dalam mewujudkan kesetaraan tersebut. Kondisi itu di antaranya merujuk kepada pengalaman pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, Komisi Informasi Pusat, Samrotunnajah Ismail di sela-sela peringatan "Hari Disabilitas Internasional" bertajuk “ Akses Informasi Publik tanpa Keterbatasan” di Kampus Unpad Dipati Ukur Bandung, Selasa (6/12/2022).

"Dari hasil survei cepat jaringan disabilitas yang dilakukan, sebanyak 59.40 persen responden penyandang disabilitas sensorik (rungu dan netra) menyatakan bahwa media yang tersedia belum cukup akses bagi mereka," katanya.

Materi survei sendiri terkait dengan ketersediaan dan aksesibilitas informasi, pengetahuan serta perilaku dalam menghadapi Covid-19 Tahun 2020. Untuk itu, diperlukan pendekatan yang tepat untuk mengatasinya sekali pun akses tersebut sudah diatur perundang-undangan.

Baca Juga: Dukungan Media Massa Diperlukan sebagai Jembatan Informasi

"Ada hak atas informasi yang harus dipenuhi. Akses terhadap informasi publik adalah tanpa keterbatasan. Karena itu, semangat dan spirit keterbukaan itu perlu terus dibina dan diimplementasikan demi menjamin hak masyarakat termasuk penyandang disabilitas terhadap informasi," jelasnya.

Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Dr Ijang Faisal menambahkan bahwa layanan keterbukaan informasi publik yang menjadi kewajiban Badan Publik sejatinya tidak mengenal perbedaan.

Semua warga negara harus ditempatkan dalam posisi yang sama dalam menikmati keterbukaan informasi publik, baik sebagai pemohon maupun pengguna informasi publik.

Baca Juga: Pemerintah Gandeng Penyuluh Informasi Publik Sosialisasikan RKUHP di Wilayah 3T

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X