Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Keketuaan Indonesia Di ASEAN

- Rabu, 7 Desember 2022 | 14:00 WIB
 (sh)
(sh)

TANGERANG SELATAN, suaramerdeka-jakarta.com - Indonesia memegang kembali keketuaan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara pada tahun 2023, meneruskan estafet yang sebelumnya dipegang oleh Kamboja. Keketuaan Indonesia ini merupakan kali keempat, setelah menjabat sebagai Ketua ASEAN pada tahun 1973, 2003, dan 2011. Untuk menyosialisasikan, mempromosikan, dan mendiseminasikan informasi tersebut, Kemenkominfo melalui  Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, menyelenggarakan Pertunjukan Rakyat dengan tema “Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023”.

 

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan, yang diwakili oleh Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Filmon Leonard Warouw dalam sambutannya mengatakan bahwa ASEAN telah sukses menjadi lokomotif perdamaian dan kesejahteraan di kawasan selama lebih dari 50 tahun. Namun menurutnya, peran lokomotif ini hanya bisa bisa dijalankan jika seluruh negara anggota bersatu dan jika ASEAN menjaga netralitasnya.

 

“Untuk itu, konsolidasi inter dan antar pilar ASEAN harus diintensifkan untuk dapat menghasilkan deliverables dan legacy keketuaan yang berguna dan dapat memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia, ASEAN, dan dunia,” jelasnya.

Baca Juga: Ki Ageng Rangga Sasana Atau Lord Rangga Meninggal Dunia, Disebut Pernah Mengidap Sakit Paru

Keketuaan ASEAN 2023 ini diharapkan dapat mendorong ASEAN untuk memperkuat kerja sama dan memajukan ekonomi, sesuai dengan tema yang diangkat yakni Asean Matters: Epicentrum of Growth.

 

“Presiden Jokowi menekankan bahwa keketuaan Indonesia akan mengangkat tema ASEAN Matters, Epicentrum of Growth di mana ASEAN harus menjadi lebih kuat dan menjadi episentrum pertumbuhan dunia, tetap menjadi kawasan damai, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan demokrasi,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB

Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan BBM

Selasa, 31 Januari 2023 | 05:25 WIB
X