Sektor Pariwisata Kembali Bangkit IDEA Ekspansi ke Semarang

- Rabu, 7 Desember 2022 | 17:58 WIB
 (sh)
(sh)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Relaksasi kebijakan penanganan COVID-19 dari Pemerintah membuat sektor pariwisata kembali bangkit dan diprediksi berkembang pesat di tahun 2023.

 

Peran aktif Pemerintah melalui beberapa program untuk memulihkan perekonomian dan dorongan keinginan masyarakat untuk berwisata setelah selama dua tahun tertahan karena pandemi COVID-19, menjadi alasan utama sektor pariwisata kembali bergeliat.

(sh)

Menurut data keuangan 43 emiten Bursa Efek Indonesia yang terkait dengan sektor pariwisata per 2 September 2022, sektor pariwisata mengalami peningkatan pendapatan dari bisnis hotel dan restoran sebesar 9% pada semester pertama tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021, yaitu naik dari Rp 11,87 triliun menjadi Rp 12,93 triliun

Baca Juga: Mitra Jaya Group Salurkan Bantuan Sosial Rp250 Juta untuk Korban Gempa Garut

Rebound sektor pariwisata, tentunya langsung berdampak pada meningkatnya permintaan kebutuhan tenaga kerja terlatih (skillful workers) dari industri hospitality, tourism dan culinary yang diterima PT IDeA Indonesia Tbk sebagai perusahaan penyedia program persiapan kerja bergaransi.

 

Salah satu emiten Bursa Efek Indonesia yang memiliki kaitan dengan sektor pariwisata, IDEA mencatat sejak awal 2022 telah menerima sedikitnya 4,500 permintaan tenaga kerja terlatih untuk ditempatkan di hotel, restaurant, resort, villa, sampai kapal pesiar. Oleh karena itu, alumni-alumni program yang sempat dirumahkan karena pandemi, saat ini telah seluruhnya kembali bekerja di industri. Begitu juga, sebanyak 159 peserta Program periode Juli 2022, 95% telah mendapat penempatan kerja, sisanya tinggal menunggu kontrak kerja dan pemberangkatan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adaptasi Kebiasaan Baru Dunia Digital

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:43 WIB
X