Pencapresan KIB Pengaruhi Peta Politik Nasional

- Rabu, 7 Desember 2022 | 20:33 WIB
Para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu. (Dok. )
Para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu. (Dok. )

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Dinamika dalam tubuh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), pada akhirnya akan mempengaruhi peta politik nasional. Meski hingga kini, KIB belum memiliki sosok internal yang kuat.

"Namun apapun pilihan mereka nantinya, akan berpengaruh pada peta konstelasi calon presiden - calon wakil presiden 2024," kata pengamat politik Universitas Diponegoro Teguh Yuwono, Rabu (7/12).

Sebab menurutnya, tokoh-tokoh yang nantinya diusung koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional, sangat menentukan di dalam proses politik. Hal itu menjelaskan mengapa kenapa prosesnya panjang lebar dan penuh lobi-lobi.

Sampai saat ini, KIB masih solid berkoalisi. Bahkan siap menerima partai baru untuk bergabung. Hal itu seperti ditegaskan oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, beberapa waktu lalu.

"KIB lagi kerja untuk mendapatkan tambahan partai. Jadi tunggu saja, sampai ada tambahan partai," ujarnya.

Sedangkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, Partai Gerindra atau Partai Keadilan Sejahtera boleh bergabung dengan KIB.

Dibicarakan

KIB sendiri sampai saat ini belum mengusung nama capres. Satu sosok tokoh yang secara tegas akan maju adalah Airlangga. Namun pembicaraan internal masih terus dilakukan.

"Apapun nanti, apakah ada tambah, bergabung, capresnya nanti bagaimana, siapa, itu kita akan berunding dengan KIB. Jadi, segala sesuatu kita akan bicarakan bertiga nantinya," tandas Zulkifli.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Adaptasi Kebiasaan Baru Dunia Digital

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:43 WIB
X