Jibaku Relawan Kesehatan JQR Tangani Korban Gempa Cianjur

- Kamis, 8 Desember 2022 | 21:44 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - Sejumlah relawan kesehatan Jabar Quick Response (JQR) menceritakan pengalamannya ikut ambil bagian dalam penangan korban gempa Cianjur.

Mereka yang merupakan tenaga medis menjadi salah satu garda terdepan dalam upaya penyelamatan warga. Dinamika terjadi di lapangan sehingga meninggalkan kesan mendalam.

Para relawan itu tersebar di beberapa desa termasuk ke pelosok perkampungan yang belum terakses atau terjamah bantuan khususnya kesehatan seperti Desa Cibulakan, Desa Gasol, Desa Benjot dan Desa Barukaso.

Salah satu relawan medis, Muthia Utami, menyebut dirinya bersama satu timnya mengaku sangat diterima warga yang berada di pengungsian. Timnya menjad relawan yang pertama mengunjungi pengungsian yang berlokasi di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang.

Baca Juga: Tinjau Rehabilitasi Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Instruksikan Perbaikan SDN Sukamaju 1 Selesai 3 Bulan

“Kita relawan pertama yang datang, langsung memberikan pengobatan, mereka sendiri mengungsi di persawahan,” katanya.

Muthia pun mengungkapkan warga ikut membantu mendirikan tenda untuk kegiatan medis. Bagi Muthia, ini merupakan pengalaman pertamanya terlibat dalam kegiatan bantuan kemanusiaan.

"Ikut menjadi relawan tim medis ini baru pertama kali, sempat khawatir tapi setelah melewatinya jadi terbiasa. Pengalaman ini tidak bisa dilupakan, saya sangat terketuk hati melihat warga tidur di tenda, ada yang nangis kehilangan sanak saudaranya,” katanya.

Baca Juga: Semeru Tak Terpengaruh Gempa 6,2 Jember, Tapi Awas Bahaya Sekunder

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X