Ini Rekomendasi PVMBG Pasca Status Semeru Turun dari Awas ke Siaga

- Jumat, 9 Desember 2022 | 14:19 WIB
Semeru meletus (BNPB)
Semeru meletus (BNPB)

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Menyusul penurunan level aktivitas vulkanik Gunung Semeru (3.676 mdpl) di perbatasan Lumajang-Malang dari Awas ke Siaga, PVMBG mengeluarkan sejumlah rekomendasi yang diharapkan bisa dipatuhi.

Berbeda pada saat Awas, mereka mewanti-wanti tak hanya mewaspadai Besuk Kobokan tapi juga Kali Lanang terutama terkait dengan pergerakan awan panas guguran.

"Masyarakat tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 13 Km dari puncak, pusat erupsi," kata Kepala PVMBG Badan Geologi, Hendra Gunawan dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Di luar jarak tersebut, jelasnya, masyarakat juga diminta tidak melakukan aktivitas di sungai dan tidak pula melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai, sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 Km dari puncak.

Baca Juga: Semeru Awas Berakhir, PVMBG Turunkan Level Aktivitas Ke Siaga

Lebih dari itu, pihaknya mengingatkan potensi ancaman bahaya sekunder Semeru saat ini yang berupa banjir lahar bila material hasil erupsi dan awan panas guguran, tercampur dengan intensitas hujan tinggi terutama di sungai yang berhulu di puncak seperti Besuk Bang, Besuk Kembar, Besuk Kobokan, dan Besuk Sat, serta anak-anak sungai di sekitarnya.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menurunkan status Awas aktivitas vulkanik Gunung Semeru (3.676 mdpl) ke level Siaga terhitung Jumat (9/12/2022) siang.

Menurut Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, langkah tersebut dilakukan menyusul terjadinya penurunan aktivitas vulkanik gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu dalam lima hari terakhir.

Baca Juga: Letusan & Awan Panas Guguran Semeru Sangat Tinggi, PVMBG Tak Mau Ambil Risiko, Status Jadi Awas!

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB

Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan BBM

Selasa, 31 Januari 2023 | 05:25 WIB
X