Rumah Zakat Siapkan Program Pemulihan bagi Korban Gempa Cianjur

- Jumat, 9 Desember 2022 | 15:06 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Rumah Zakat menyiapkan dua fase penanganan bagi korban gempa darat Cianjur. Kedua fase tersebut adalah berupa penanganan selama tanggap darurat dan pemulihan.

Menurut Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda, khusus tahapan pemulihan, mereka menyatakan sudah menyiapkan sejumlah programnya.

“Di fase pemulihan ada empat program yang kita rancang yakni pendirian masjid darurat, rumah tumbuh, MCK, dan sekolah darurat," katanya pada kegiatan "Aksi Peduli Cianjur" di Kantor Rumah Zakat Bandung, Jumat (9/12/2022).

Dijelaskan, program rumah tumbuh itu sebelumnya sudah pula digulirkan lembaga filantropi itu di lokasi bencana lainnya seperti Palu dan Lombok.

Baca Juga: Tinjau Rehabilitasi Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Instruksikan Perbaikan SDN Sukamaju 1 Selesai 3 Bulan

Rumah tumbuh merupakan hunian yang didesain supaya pembangunannya bisa dilakukan secara bertahap. Tahapan pembangunannya pun bisa disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia dan juga budget yang dimiliki.

Untuk kepentingan tersebut, pihaknya siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan rencana tersebut sehingga program tersebut bisa membantu para penyintas gempa Cianjur untuk pulih.

Khusus penanganan korban gempa darat Cianjur, kepedulian donatur dan para mitra melalui Rumah Zakat telah membantu sebanyak 34.807 penyintas gempa yang tersebar di 13 kecamatan.

Baca Juga: Cianjur, Garut, Gempa Darat Kali Ini Menjalar Ke Kota Tasikmalaya

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X