Respon Perubahan Iklim, CKB Group Hadirkan Program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi

- Jumat, 9 Desember 2022 | 17:10 WIB
Komitmen berkelanjutan CKB Group dalam merespon perubahan iklim sekaligus mendukung program pemerintah (Foto: Dok CKB Group)
Komitmen berkelanjutan CKB Group dalam merespon perubahan iklim sekaligus mendukung program pemerintah (Foto: Dok CKB Group)

 

SURABAYA,suaramerdeka-jakarta.com– Menurut sejumlah penelitan ilmiah, ekosistem mangrove terbukti mampu menyerap dan menyimpan karbon lebih tinggi hingga jutaan tahun melebihi kemampuan hutan tropis di daratan.

Mangrove yang dikenal dengan blue carbon merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam mitigasi perubahan iklim.

Menyadari hal tersebut, perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) menghadirkan program Corporate Sustainability Responsible (CSR) “Cinta Kepada Bumi”. Kegiatan dipusatkan di sekitar area Adventure Land Romokalisari, Kota Surabaya.

Sejak Januari lalu, CKB Group telah melakukan pemantauan kondisi awal vegetasi mangrove di lahan seluas kurang lebih 1,5 Ha milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Erick Thohir Dorong Digitalisasi, Transaksi Super Apps BRImo Tembus Rp 2.000T

Kegiatan ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan termasuk pelibatan tenaga ahli dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) masyarakat setempat.

CKB Group telah bermitra dengan 2 KUB yang terdiri dari 120 orang dampingan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota Surabaya untuk membentuk komunitas penggiat mangrove serta melakukan penanaman dan perawatan 6000 bibit pohon bakau.

Diharapkan melalui kemitraan strategis ini dapat tercapai beberapa poin tujuan pembangungan berkelanjutan (SDGs) yaitu pencegahan abrasi, pelestarian keanekaragaman hayati, pengurangan dampak polusi, serta berpotensi untuk menghasilkan komoditi bernilai ekonomis dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berbasis pemberdayaan masyarakat seperti yang telah tertuang dalam amanah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X