Menjaga Persatuan dan Sportivitas di PON Papua

- Jumat, 24 September 2021 | 09:52 WIB
Wasit loncat indahh Pranarta Arumbowo memberikan penjelasan mengenai olahraga loncat indah  pada acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema "Selamat Bertanding, Junjung Sportivitas" (H-10 PON XX Papua) pada Kamis, 23 September 2021. (Suaramerdeka/Dok)
Wasit loncat indahh Pranarta Arumbowo memberikan penjelasan mengenai olahraga loncat indah pada acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema "Selamat Bertanding, Junjung Sportivitas" (H-10 PON XX Papua) pada Kamis, 23 September 2021. (Suaramerdeka/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com– Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan berlangsung pada 2 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kota Jayapura.

Pesta olahraga terakbar di Tanah Air ini menjadi momentum dalam menjaga persatuan, menyatukan perbedaan, dan menanamkan jiwa sportivitas.

Dengan mengusung moto "Torang Bisa" yang juga berarti 'kita bisa', PON XX Papua diharapkan mampu menjaga semangat sportivitas dan keyakinan bahwa bangsa Indonesia bisa.

Dalam setiap permainan atau pertandingan, pemain atau atlet, pelatih, hingga suporter PON Papua harus menjunjung tinggi nilai sportivitas.

Wasit Loncat Indah PON XX, Pranarta Arumbowo menyatakan bahwa juri merupakan pendukung sportivitas utama dalam olahraga loncat indah.

Dimana cabang olahraga (cabor) ini mengandung unsur subjektifitas yang cukup tinggi.

Untuk meminimalisir subjektifitas tersebut, kata Pranarta, Federasi Renang Internasional (FINA) telah membuat berbagai macam aturan untuk meminimalisir terjadinya subjektifitas.

"Jadi kita memiliki peraturan- peraturan tentang penilaian sebuah loncatan," kata Pranarta dalam acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema "Selamat Bertanding, Junjung Sportivitas" (H-10 PON XX Papua) pada Kamis, 23 September 2021.

Menurut dia, hal ini merupakan strategi yang diterapkan oleh FINA untuk menjadikan loncat indah menjadi salah satu cabang olahraga yang subjektifitasnya lebih kecil dibandingkan dengan cabor yang lain.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

IBL 2022: Indonesia Patriots Dibekuk Bali United

Minggu, 16 Januari 2022 | 21:59 WIB
X