60 Ribu Peserta Bertarung di Babak Kualifikasi Piala Presiden Esports 2021

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:24 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (Suaramerdeka/Megapro)
Menparekraf Sandiaga Uno (Suaramerdeka/Megapro)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com- Turnamen olahraga elektronik (eSports) bertajuk "Piala Presiden Esports 2021" resmi bergulir mulai Sabtu, 9 Oktober 2021.

Terdapat enam game yang diperlombakan, yaitu eFootball PES, Free Fire, Lokapala (game lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, sejak dibuka pada 14 September lalu, jumlah peserta yang mendaftar mencapai 60 ribu orang yang berasal dari 23 tim.
 
 
Menurut dia, untuk saat ini masih dalam babak kualifikasi dan berlangsung hingga 28 November mendatang. 
 
"Kami mencari atlet-atlet baru berprestasi dan agenda selanjutnya adalah kualifikasi tiap minggunya sampai bulan November nanti," ujar Rangga Danu saat seremoni pembukaan turnamen.
 
Untuk babak kualifikasi digelar di enam regional wilayah, yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali NTT NTB dan Maluku Papua.
 
“Dengan enam game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021, antusiasme peserta dan publik esports mengalami peningkatan yang luar biasa. Ini menunjukkan bahwa esports merupakan cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia. 
 
 
Semoga melalui kejuaraan ini, kita mampu mendapatkan atlet-atlet terbaik yang kelak mengharumkan Indonesia di turnamen level dunia,” kata Rangga.
 
Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir pada seremoni pembukaan menyampaikan, babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 diputuskan digelar di Bali pada 18-19 Desember mendatang. 
 
Sandiaga menuturkan, pemilihan Bali tak lepas dari upaya pemerintah memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk imbas pandemi Covid-19. 
 
Dengan mengakomodasi keelokan alam dan budaya Indonesia, khususnya Bali ke panggung Piala Presiden Esports 2021, diharapkan menjadi daya tarik dan membuka mata publik eSports mancanegara terhadap Indonesia.
 
"Bali diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali," ungkap Sandiaga.
 
 
Ia menambahkan, eSports merupakan olahraga yang mengalami peningkatan signifikan selama kondisi pandemi. Industri esports Asia Tenggara diperkirakan mendulang peningkatan penggemar dan potensi pendapatan hingga 4,4 miliar dolar AS. 
 
“Dengan demikian, kami berharap gelaran Piala Presiden Esports 2021 dapat mendatangkan wisatawan-wisatawan berbasis eSports tourism. Event ini diharapkan membuka minat investor untuk masuk, agar lebih banyak lagi gamer-gamer, event organizer maupun ekosistem dari esports ini untuk menggerakan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ungkapnya.
 
Gelaran Piala Presiden Esports 2021 menawarkan hadiah total senilai Rp 2 miliar. Di babak grand final nanti juga akan ada pertandingan level internasional yang secara khusus mendatangkan tim eSports kelas dunia. 
 
 
Hal ini diharapkan akan menjadi daya tarik yang besar bagi publik esports mancanegara untuk turut menyaksikan Piala Presiden Esports 2021
 
Turut hadir pada seremoni pembukaan, antara lain Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan, Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tursandi Alwi, Wakil Ketua PB Esports Indonesia (PBESI) Irjen (Pol) Andean Bonar Sitinjak dan Direktur BCA Santoso. 
 
Seperti diketahui Piala Presiden Esports 2021 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kemenko PMK, Kemenko Marves, Kemenpora, Kemenparekraf, Kemenkominfo, KONI, dan PBESI.
 
Piala Presiden Esports 2021 juga menjadi momentum bagi kalangan industri dan sektor swasta menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan esports di Tanah Air. 
 
 
Salah satu dukungan datang dari BCA yang ingin mendorong potensi generasi muda guna meraih prestasi melalui ranah olahraga elektronik.
 
“BCA senantiasa mendukung upaya dan kegiatan yang berorientasi memfasilitasi generasi muda guna mencapai kemampuan terbaiknya di kancah eSports. Melalui Piala Presiden Esports 2021 ini kami berharap generasi muda dapat terpacu dan termotivasi menghasilkan prestasi guna membawa nama harum bangsa di level yang lebih tinggi lagi,” kata Direktur BCA, Santoso. ***
 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Josh dan Rainer Persembahkan Emas untuk Indonesia

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:39 WIB
X