FIBA World Cup 2023: PP Perbasi Siapkan Timnas Elite, Bulan Depan TC ke Amerika

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:18 WIB
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih memotong tumpeng disaksikan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi pada peringatan HUT Perbasi ke-70 di Cisarua, Bogor, Sabtu, 23 Oktiber 2021 (Foto: Humas PP Perbasi)
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih memotong tumpeng disaksikan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi pada peringatan HUT Perbasi ke-70 di Cisarua, Bogor, Sabtu, 23 Oktiber 2021 (Foto: Humas PP Perbasi)

BOGOR, suaramerdeka-jakarta.com- PP Perbasi akan mempersiapkan timnas elite yang diproyeksikan tampil pada FIBA World Cup 2023

Para pemain yang akan mengisi timnas elite merupakan atlet-atlet terbaik yang diambil dari bintang IBL dan pemain naturalisasi.
 
Sesuai agenda, skuad timnas basket Indonesia akan dikirim ke Amerika Serikat guna menjalani training center (TC).
 
 
Selanjutnya, mereka akan tampil pada Kualifikasi FIBA World Cup 2023 window pertama lawan Lebanon pada 26 dan 29 November 2021.
 
Selain itu, PP Perbasi juga sudah membentuk timnas elite muda yang difungsikan sebagai penyedia pemain muda berkualitas untuk dipilih pelatih timnas basket Indonesia Rajko Toroman. 
 
Menurut Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, saat ini baru saja selesai seleksi tahap pertama dan akan dilakukan seleksi tahap berikutnya.
 
 
"Nantinya, materi pemain bisa dipakai Coach Toro dan status pemain belum terikat dengan klub IBL," kata Danny seusai Rapat Pleno yang dibarengi HUT Perbasi ke-70 di Cisarua, Bogor. 
 
Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina. Untuk menuju ke ajang itu, PP Perbasi juga mengajak masyarakat turut mendukung agar berjalan sukses.
 
Salah satu program yang diluncurkan adalah Basket Indonesia Bergerak. Melalui pogram ini, masyarakat Indonesia bisa demam bola basket.
 
 
Rencananya akan dimulai pada tahun depan dengan menyentuh lapisan masyarakat di 80 kota di seluruh Indonesia. 
 
Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan dan Prestasi PP Perbasi George Dendeng menjelaskan, konsep Basket Indonesia Bergerak selain untuk membuat demam masyarakat terhadap bola basket, juga untuk menambah jam terbang para pebasket muda. 
 
Pelaksanaannya mengambil waktu saat weekend, Jumat sampai Minggu. Minimal satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun.
 
"Total akan melibatkan 12 atlet. Waktu kompetisi minimal tiga bulan, sehingga waktu bermain cukup banyak. Teknisnya nanti akan koordinasi dengan Pengprov," terang George.
 
 
Ditambahkan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Basket Indonesia Bergerak juga sudah disepakati bersama pada Rapat Pleno.
 
Program tersebut diharapkan bisa didukung seluruh lapisan masyarakat dan berjalan sesuai yang diharapkan.
 
Menurut Nirmala, ada beberapa usulan yang disetujui dalam Rapat Pleno yang berlangsung pada tanggal 22-24 Oktober 2021.
 
"Seperti rangkaian kegiatan HUT Perbasi ke-70 yang akan dilaksanakan di Senayan dan memunculkan beberapa program baru, seperti Basket Indonesia Bergerak. Kemudian untuk bidang organisasi akan dilakukan sedikit perubahan dengan memasukan komisi FIBA World Cup," jelas Nirmala Dewi
 
 
Sejumlah pengurus teras PP Perbasi yang turut hadir pada Rapat Pleno dan peringatan HUT Perbasi, antara lain Ketua Umum PP Perbasi  Danny Kosasih, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dan Bendahara Umum Cyrus Harsaningtyas.
 
Selain itu ada Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan dan Prestasi George Dendeng, Wakil Ketua Umum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi, dan Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Wawan Mulyana. 
 
Pada perayaan ulang tahun kali ini juga  dimanfaatkan untuk mentransformasi PP Perbasi menjadi lebih profesional. 
 
Salah satunya dengan merapihkan administrasi organisasi. Kemudian melakukan rebranding PP Perbasi dalam marketing dengan membuat logo baru kegiatan dan menyegarkan sosial media. Tujuannya menambah awareness kepada publik terhadap PP Perbasi
 
 
"Semuanya akan kita perkenalkan atau launching saat perayaan ulang tahun PP Perbasi dengan publik di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, bulan depan. HUT Perbasi ke-70 akan menjadi momentum program ke depan, rangkaian acara peluncuran logo dan label basketball Indonesia, pemberian penghargaan terhadap tokoh bola basket nasional termasuk launching sosmed PP Perbasi  bersifat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mem-follow semua kegiatan PP Perbasi," jelas Wakil Ketua Umum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi
 
Di sisi lain, peringatakan HUT Perbasi dirayakan dengan penuh keakraban. Setelah lama tidak berkumpul secara fisik akibat pandemi Covid-19, sekarang para pengurus bisa kangen-kangenan.
 
Acaranya sederhana, antara lain menyanyi, potong tumpeng dan makan bersama. ***
 
 
 
 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chiharu Shida Belum Juga Binasa

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:09 WIB

Greysia/Apriyani Sabet Raih Pair of The Year dari BWF

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:02 WIB

Kalah Stamina, Pram/Yere Diganyang Wakil Malaysia

Kamis, 2 Desember 2021 | 23:02 WIB

Chiharu Shida Datang, Pasangan Inggris Ditendang

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:00 WIB
X