Agustiar Sabran, Tokoh Politik yang Curi Perhatian di Turnamen Catur JAPFA FIDE Rated 2021

- Selasa, 7 Desember 2021 | 01:01 WIB
Agustiar Sabran (Suaramerdeka/Iqbal)
Agustiar Sabran (Suaramerdeka/Iqbal)

JAKARTA- Turnamen catur bertajuk "JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021" telah memasuki hari ketiga dengan memainkan lima babak pada Senin, 6 Desember 2021.

Dari 150 pecatur yang ambil bagian pada turnamen tersebut, ada satu peserta yang menarik perhatian khalayak. 
 
Ia adalah Agustiar Sabran, tokoh politik yang kini menjabat anggota Komisi III DPR RI periode 2019-2024 asal Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
 
Keikutsertaan Agustiar pada ajang ini tak semata-mata mengejar kemenangan.
 
Agustiar bercerita, olahraga catur sudah mendarah daging pada dirinya. Bahkan ia mengaku bisa bermain catur selama empat hari empat malam.  
 
"Kalau ada pertandingan seperti ini, senang saja. Ada kebahagiaan dan kepuasan tersendiri," ujar Agustiar di sela-sela turnamen di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin, 6 Desember 2021.
 
 
Selama lima babak yang dilakoni, pria yang juga menjabat Ketua Pengprov Percasi Kalteng dan pemilik klub sepak bola Kalteng Putra ini, sudah meraih dua poin.
 
Angka itu hasil dari sekali menang atas Zacky Dhiaulhaq (2073) pada babak pertama, dan bermain remis pada ronde kedua dan ketiga, masing-masing lawan Alvian Novambha Napilih (2105) dan Nurdin Abubakar (2044).
 
Mengenai target mengikuti kejuaraan kali ini, Agustiar Sabran tak memiliki target muluk-muluk. Ia hanya ingin berpartisipasi lantaran catur sudah menjadi hobi sedari dulu yang tak bisa ditinggalkan.
 
"Saya naik pesawat pun main catur," imbuhnya, menambahkan kalau benar-benar ia penggila catur.
 
 
Terkait penyelenggaraan catur yang diinisiasi PB Percasi dan JAPFA kali ini, Agustiar sangat mengapresiasi. Apalagi, protokol kesehatan telah dijalankan dengan baik.
 
"Catur itu tidak seperti olahraga lain. Kalau olahraga lain memgundang penonton yang banyak, kalau catur terbatas. Peserta juga sudah jaga jarak, main pakai masker. Jadi tidak masalah saya rasa selama mematuhi prokes," terangnya.
 
Saat ditanya hal yang berkesan dari olahraga catur, Agustiar yang juga kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini menuturkan saat mendapat panggilan dari pejabat. 
 
"Asik bagi saya, dulu kita kan gak punya. Waktu dipanggil bupati, senang sekali. Ada kepuasan tersendiri," terang Agustiar.
 
 
Mengenai turnamen catur di Kalteng, pihaknya sebenarnya ingin menggelar ajang skala internasional. Namun lantaran masih dalam pandemi, rencana itu masih tertunda sampai sekarang.
 
Ia pun berharap para pecatur muda saat ini agar terus mengasah kemampuan dengan mengikuti banyak turnamen.
 
Harapannya agar kualitas mereka semakin baik dan bisa mendapat gelar seperti yang diraih Grand Master (GM) Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro atau bahkan GM Utut Adianto yang kini menjabat Wakil Ketua DPR RI.***
 
 
 
 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Egoisme Novak Djokovic

Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:57 WIB

IBL 2022: Indonesia Patriots Tumbangkan Evos Thunder

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:09 WIB

IBL 2022: Indonesia Patriots Dibekuk Bali United

Minggu, 16 Januari 2022 | 21:59 WIB
X