SEA Games Vietnam: Tiara Andini Jadi Ratu Downhill di Negeri Orang

- Minggu, 15 Mei 2022 | 19:33 WIB
Tiara Andini mengibarkan bendera Merah Putih di depan sepedanya usai berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia dari Cycling MTB nomor Women's Mountain Bike Downhill Individual. (NOC Indonesia/Andi Faisal)
Tiara Andini mengibarkan bendera Merah Putih di depan sepedanya usai berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia dari Cycling MTB nomor Women's Mountain Bike Downhill Individual. (NOC Indonesia/Andi Faisal)

HOA BINH, suaramerdeka-jakarta.com- Tiara Prastika Andini tak bisa menyembunyikan ekspresi bahagianya.

Impiannya untuk membawa pulang medali emas disiplin MTB Downhill SEA Games 2021 Vietnam tergenapi setelah ia tampil tercepat di Hoa Binh Gymnastics and Sports Centers, Minggu 15 Mei 2022.

Tiara sukses menunjukkan dominasi Indonesia dengan catatan waktu 3 menit 31,531 detik.

Ia unggul atas pembalap Thailand Vipavee Deekaballes (3 menit 42,337 detik) dan wakil Filipina Naomi Gardoce Mapanao (3 menit 44,772 detik).

“Senang banget saya bisa mendapatkan medali emas. Rasanya bahagia dan bangga karena target medali emas tercapai. Ini memang penantian yang cukup panjang, tetapi sejak persiapan setahun terakhir saya yakin saya mampu,” kata Tiara Andini yang tampil mendominasi sejak awal balapan.

“Tadi di awal start agak gerimis dan sempat slip sedikit. Beruntung saya bisa kontrol. Treknya sendiri kan lintasannya sempit, tapi saya mampu melewatinya dan akhirnya tampil tercepat,” imbuhnya.

Torehan yang dibukukan Tiara Andini menjadi medali emas ke-16 untuk Merah Putih di Vietnam. Tak hanya itu, hasil ini sekaligus mengobati hasil SEA Games 2019 Manila.

Kala itu, Tiara Andini harus puas dengan raihan perak setalah finis di belakang pembalap Filipina Lea Denise Belgira.

Sementara itu, pembalap putra Downhill MTB Andy Prayoga juga pulang dengan membawa medali. Ia finis di urutan kedua usai membukukan catatan waktu 3 menit 9,356 detik. Ia berada di belakang pembalap Thailand Methasit Boonsane yang finis 3 menit 6, 2700 detik.

Perak Andy tersebut juga merupakan peningkatan prestasi dari Manila 2019. Ia kala itu harus puas berada di urutan ketiga.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Patriots Siap Tatap Kompetisi IBL 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 19:15 WIB

1.500 Atlet Ikuti Kejuaraan Akuatik Terbuka

Jumat, 9 Desember 2022 | 18:53 WIB

Langkah Apriyani/Fadia Terhenti di Fase Grup

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:41 WIB
X