SEA Games Vietnam: Tampil di Kandang Macan, Wushu Indonesia Masih Beruntung Bawa Pulang 3 Emas

- Minggu, 15 Mei 2022 | 22:14 WIB
Junita Malau yang merebut medali emas wushu kategori Women’s Sanda 48kg, SEA Games 2021 Vietnam. (NOC Indonesia/MP Media/Argo Pambudi)
Junita Malau yang merebut medali emas wushu kategori Women’s Sanda 48kg, SEA Games 2021 Vietnam. (NOC Indonesia/MP Media/Argo Pambudi)

HANOI, suaramerdeka-jakarta.com - Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia berhasil memenuhi target tiga emas di SEA Games 2021 Vietnam.

Tak cuma itu, wushu Merah Putih juga pulang dengan status runner-up pada multievent dua tahunan paling bergengsi se-ASEAN.

Wushu Indonesia mengoleksi 3 emas, 9 perak dan 3 perunggu. Sedangkan juara umum wushu diraih tuan rumah Vietnam dengan raihan 10 emas, 3 perak, dan 7 perunggu.

"Kami mengapresiasi perjuangan seluruh atlet yang telah memberikan yang terbaik. Hasil ini sudah bagus karena target 3 emas telah terpenuhi. Persaingan di wushu sangat ketat terutama datang dari tuan rumah Vietnam," kata Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Ngatino bersama Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Tjokro Gunawan, Minggu 15 Mei 2022.

Vietnam itu merupakan kekuatan wushu di kawasan Asia Tenggara. Ibaratkan kita bertanding di kandang Macan. Hasil 3 emas itu sudah bagus," timpal Pelatih Kepala Timmas Wushu Indonesia, Novita.

Pada pertandingan terakhir, Indonesia menambah 2 medali emas lewat penampilan Seraf Naro Siregar dan Junita Malau.

Seraf Naro merebut medali emas dari nomor Dao Shu dan Gunshu sedangkan Junita Malau merebut emas Sanda kelas 48kh putri karena lawannya mundur akibat cedera.

Selain merebut 2 emas, Pasukan Garuda juga merebut 1 perak yang disumbangkan Nandhira Mauriska (Changquan Putri) dan 1 perunggu melalui Harris Horatius (Nangun putra) dari nomor Taolu.

Tambahan 5 perak lagi dipasok dari nomor Sanda melalui Rosalina Simanjutak (kelas 52kg putri), Melisa Try Andani (kelas 56kg putri), Laksamana Pandu (kelas 56kg putra), Jumanta (60kg putra) dan Puka Riyaya (kelas 70kg putra).

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rifqi dan Gunawan Langsung Jumpa Petenis Unggulan

Senin, 3 Oktober 2022 | 20:26 WIB

Indonesia Turunkan Timnas di Liga Basket Putri ASEAN 2022

Selasa, 27 September 2022 | 22:42 WIB

Pemain Timnas Basket Indonesia Selangkah Lagi Tembus NBA

Jumat, 23 September 2022 | 10:25 WIB
X