Sidang Gugatan Tenis Meja: KONI Pusat Hanya Akui PTMSI Pimpinan Peter Layardi

- Rabu, 8 Juni 2022 | 18:17 WIB
Perwakilan KONI Pusat Eman Sumusi disumpah saat menjadi saksi dalam sidang gugatan masalah dualisme tenis meja Indonesia di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 8 Juni 2022 (SuaraMerdeka/Iqbal)
Perwakilan KONI Pusat Eman Sumusi disumpah saat menjadi saksi dalam sidang gugatan masalah dualisme tenis meja Indonesia di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 8 Juni 2022 (SuaraMerdeka/Iqbal)


JAKARTA- Dualisme kepengurusan cabang olahraga tenis meja mulai masuk ranah hukum. Ini setelah digelarnya sidang gugatan yang diajukan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) Peter Layardi Lay di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 8 Juni 2022.

Sidang gugatan kali ini menghadirkan saksi dari KONI Pusat yang diwakili Bidang Organisasi, Eman Sumusi.

Peter Layardi Lay melayangkan gugatan kepada Oegroseno lantaran mengaku sebagai Ketua Umum PTMSI. Padahal, PTMSI yang sah sesuai Surat Keputusan (SK) KONI Pusat adalah PTMSI yang dipimpinnya.

Baca Juga: Mola Tayangkan Duel Petarung Indonesia di Road to UFC

"Tujuan dari gugatan kami kepada pihak tergugat (Oegroseno) adalah perbuatan melawan hukum, dimana menurut saya tergugat tidak boleh menyebut sebagai Ketua Umum PTMSI karena tidak memiliki legitimasi untuk jadi ketua umum cabor yang sah dan tidak mendapatkan SK dan dilantik KONI Pusat," kata Peter Layardi usai persidangan.

KONI Pusat menetapkan Peter Layardi Lay sebagai Ketua Umum PB PTMSI sesuai SK bernomor 53 Tahun 2019 dan SK Nomor 105 Tahun 2019 tentang PAW untuk masa bakti 2018 s/d 2022. Kini Peter juga terpilih kembali sebagai Ketua Umum PB PTMSI melalui Munas yang digelar di Jakarta pada 26 Maret 2022.

Menurut Peter, saat ini masyarakat sedang dibuat bingung terkait adanya pihak lain yang mengaku sebagai ketua umum PTMSI. Hal ini perlu diluruskan melalui sidang gugatan yang saat ini masih berlangsung di PN Jakarta Pusat.

Baca Juga: Jadwal STY Super Padat, Ketum PSSI: Shin Hanya Latih Timnas Untuk Piala Dunia U-20

"Kami berharap hakim akan memberikan putusan yang adil sesuai fakta yang tadi sudah disampaikan, termasuk kesaksian dari KONI Pusat. Tadi sudah ditanyakan oleh kuasa hukum kami ke KONI Pusat, mana yang sah dan dijawab dengan jelas bahwa saya adalah ketua umum PB PTMSI yang sah menurut KONI Pusat," jelas Peter.

Bidang Organisasi KONI Pusat Eman Sumusi memastikan hanya ada satu federasi tenis meja Indonesia yang menjadi anggotanya. Federasi itu adalah PB PTMSI yang sekarang diketuai Peter Layardi Lay. 

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemain Timnas Basket Indonesia Selangkah Lagi Tembus NBA

Jumat, 23 September 2022 | 10:25 WIB

50 Pemain Basket Ikuti Seleknas Indonesia Patriots

Jumat, 23 September 2022 | 07:49 WIB

Undian Play off Piala Davis, Indonesia Jumpa Vietnam

Rabu, 21 September 2022 | 09:19 WIB
X