Juara ASEAN Para Games 2022, DPR Minta Pemerintah Perhatikan Pembinaan dan Kesejahteraan Atlet Disabilitas

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:05 WIB
Puan Maharani saat memberikan bonus bagi atlet Paralimpiade Tokyo 2020. (dok. Media Ketua DPR RI)
Puan Maharani saat memberikan bonus bagi atlet Paralimpiade Tokyo 2020. (dok. Media Ketua DPR RI)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi para atlet disabilitas yang mampu membawa Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Ia pun merasa bangga atas prestasi para atlet Indonesia.

Perolehan medali emas Indonesia di ASEAN Para Games 2022 menjadi pencapaian tertinggi sepanjang keikutsertaan Tim Garuda sejak tahun 2001. Indonesia menempati posisi puncak setelah merebut 426 medali dengan rincian 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu.

“Terima kasih kepada para pahlawan olahraga yang telah kembali membawa Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022. Termasuk juga bagi pelatih, official, dan volunteer yang membantu atlet disabilitas berjuang demi nama baik Indonesia,” ujar Puan Maharani, Senin (8/8/2022).

DPR berharap prestasi Indonesia dapat terus meningkat pada penyelenggaraan ASEAN Para Games tahun 2023 di Kamboja. Karena itu, Puan mengajak seluruh stakeholder untuk mendukung sepenuhnya pembinaan atlet penyandang disabilitas selama satu tahun ke depan.

Baca Juga: Dukung ASEAN Para Games ke-11, AQUA Ingatkan Pentingnya Minum Air Melalui Pesan ‘AQUA Dulu

Mantan Menko PMK itu mengungkapkan, pembinaan atlet penyandang disabilitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi, demi mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, DPR akan terus memberi dukungan lewat fungsi-fungsi kedewanan.

Selain itu, Puan juga mengajak Pemerintah, termasuk Pemerintah Daerah, bekerja optimal dalam melakukan pembinaan dan memberi dukungan kepada para atlet penyandang disabilitas. Sebab, dengan dukungan yang maksimal, diharapkan Indonesia dapat mempertahankan gelar juara di mana tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games setelah 2014 dan 2017.

Politisi PDI Perjuangan ini kembali mengingatkan Pemerintah untuk menjamin hak para atlet penyandang disabilitas seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Mulai dari hak pembinaan, pengembangan, serta kesejahteraan olahragawan penyandang disabilitas.

Baca Juga: Kontingen Jateng Rebut Juara Umum Piala Presiden 2022, Peraih Emas Dikuasai Atlet PB Djarum

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pemain Timnas Basket Indonesia Selangkah Lagi Tembus NBA

Jumat, 23 September 2022 | 10:25 WIB

50 Pemain Basket Ikuti Seleknas Indonesia Patriots

Jumat, 23 September 2022 | 07:49 WIB

Undian Play off Piala Davis, Indonesia Jumpa Vietnam

Rabu, 21 September 2022 | 09:19 WIB
X