Aturan Diubah, Kompetisi Basket ASEAN Hanya Diikuti Tim Terbaik dari Masing-masing Negara

- Jumat, 2 September 2022 | 22:32 WIB
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kanan), Sekjen Perbasi Nirmala Dewi, Christopher Tanuwidjaja dan Agus Mauro berfoto bersama pada Rapat Koordinasi FIBA Asia dengan SEABA di Bangkok, Thailand (Dok. PP Perbasi)
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kanan), Sekjen Perbasi Nirmala Dewi, Christopher Tanuwidjaja dan Agus Mauro berfoto bersama pada Rapat Koordinasi FIBA Asia dengan SEABA di Bangkok, Thailand (Dok. PP Perbasi)


JAKARTA- Kompetisi bola basket Asia Tenggara akan semakin berkualitas seiring diubahnya status tim yang ikut terlibat di dalamnya.

Jika sebelumnya kompetisi level Asia Tenggara hanya diikuti tim yang berminat, maka kali ini hanya tim juara masing-masing negara yang boleh dikirim ke ajang tersebut.

Keputusan ini juga disepakati bersama pada rapat koordinasi FIBA Asia dengan SEABA atau asosiasi bola basket ASEAN di Bangkok, Thailand, 2-3 September 2022.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menjelaskan, dalam rapat itu dibahas aturan baru untuk kejuaraan bola basket putra di Asia Tenggara. Peserta pada ajang itu merupakan tim terbaik yang ditunjuk federasi setiap negara setelah selesaikan satu musim kompetisi.

Baca Juga: Pindah Tayang di ANTV, One Pride MMA Tetap Jadi Program Unggulan

"Ini merupakan jenjang kompetisi untuk kompetisi di setiap negara di Asia Tenggara. Bahwa tim terbaik hasil kompetisi mereka nanti akan mewakili di kompetisi Asia Tenggara. Ini semacam ASEAN Champions League," kata Nirmala Dewi saat konferensi pers secara daring, Jumat malam (2/9).

Dengan model kepesertaan ini, lanjut Nirmala, diyakini akan menjadi pendorong kebangkitan basket tidak hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara. 

Sebab, setiap negara akan berlomba-lomba meningkatkan kualitas kompetisi domestik agar menghasilkan juara sejati yang bisa mengharumkan nama bangsa di level ASEAN.

Pada tahun sebelumnya, turnamen antarklub di Asia Tenggara ini diikuti klub yang berminat, meski tim tersebut bukan yang terbaik hasil kompetisi domestik. 

Baca Juga: Beasiswa Riset Baznas 2022 Difokuskan untuk Mahasiswa yang Sedang Menyusun Tugas Akhir

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Demi Medali Emas, Rainie Akan Tampil Tanpa Beban

Jumat, 25 November 2022 | 00:04 WIB
X