Lahan 8 Hektare Disiapkan Bagi Pengembangan Pencak Silat

- Senin, 12 September 2022 | 23:09 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Pemprov Jabar mendukung pengembangan olahraga pencak silat di antaranya dengan menyediakan lahan seluas 8 hektare untuk digunakan sebagai padepokan.

"Kita dedikasikan untuk pencak silat, kita maksimalkan sehingga diharapkan juara lahir batin, pencak silat juga makin mendunia," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di sela-sela melantik jajaran kepengurusan pencak silat Provinsi Jabar di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Senin (12/9/2022).

Dijelaskan, lahan yang disiapkan itu terletak di kawasan Kiarapayung, Jatinagor, Kabupaten Sumedang. Diharapkan dorongan tersebut bisa melahirkan bibit-bibit unggul mengingatnya fungsinya secara jangka panjang.

Seiring dengan langkah tersebut, RK pun ingin ada moment peringatan dari eksistensi olahraga yang juga aset bangsa itu. Karenanya, pihaknya mengingatkan adanya Hari Pencak Silat yang diusulkan jatuh setiap tanggal 12 Desember.

Baca Juga: Wakili Istana, Kasetpres Temui Pengunjuk Rasa Buruh Soal Harga BBM Naik

Dalam kaitan itu, Ketua Umum IPSI Pusat Prabowo Subianto menyambut baik penyediaan lahan yang khusus bakal digunakan sebagai padepokan. Sebelumnya, dia pun memuji RK yang mampu memasukan pencak silat sebagai bahan kurikulum SD/SMP di wilayahnya.

Pasalnya, hal itu diharapkan bisa menjadikan jumlah peminat pencak silat dari beragam kalangan meningkat termasuk pada saat padepokan tersebut rampung.

Terlebih tak hanya prestasi, pencak silat juga bisa membentuk kapasitas mental masyarakat. "Karena watak kuat itu dididik dengan beladiri. Jadi berani, tahan derita dan juga tahan banting tak terlepas dari andil beladiri," katanya.

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X