Apa dan Bagaimana Floorball Alias Bola Lantai, Dari Swedia Hingga Mendunia

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 22:40 WIB
Ya perkenalkan inilah Floorball, olahraga tim dalam ruangan yang dikembangkan pada tahun 1970-an di Swedia (Screenshoot instagram/@iff_floorball)
Ya perkenalkan inilah Floorball, olahraga tim dalam ruangan yang dikembangkan pada tahun 1970-an di Swedia (Screenshoot instagram/@iff_floorball)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com – Mungkin olahraga satu ini belum banyak yang tahu terutama di Indonesia, kita hanya familiar dengan sepak bola, futsal, basket dan lain-lain.

Olahraga ini menggunakan bola dan stick, olahraga apakah ini? Ya perkenalkan inilah Floorball, olahraga tim dalam ruangan yang dikembangkan pada tahun 1970-an di Swedia.

Bola lantai sangat populer di negara-negara yang telah lama mengembangkan permainan ini, seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia dan Swiss.

Permainan dimainkan di dalam ruangan, yang dimainkan sepanjang tahun baik di level amatir maupun profesional. Ada beberapa liga bola lantai profesional, misalnya Salibandyliiga di Finlandia dan Svenska Superligan di Swedia.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Arsenal Bungkam Spurs 3-1, 'Meriam London' Nyaman di Puncak Klasemen

Ada 52 anggota Federasi Bola Lantai Internasional (IFF) di mana Republik Ceko, Finlandia, Swedia dan Swiss pernah mencapai peringkat 1, 2, dan 3 dalam Kejuaraan Bola Lantai Dunia.

Selain di empat negara ini, bola lantai memperoleh popularitas di Latvia, Australia, Kanada, Jerman, Jepang, Singapura, Malaysia dan Amerika Serikat.

Dipercayai permainan ini berasal dari Gothenburg, Swedia. Olahraga ini dimulai sebagai permainan yang dimainkan pada saat waktu luang di sekolah-sekolah dan latihan pra-musim untuk perkumpulan-perkumpulan bandy.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Demi Medali Emas, Rainie Akan Tampil Tanpa Beban

Jumat, 25 November 2022 | 00:04 WIB

Hundred Dukung Tim Porwanas DKI Jakarta

Minggu, 20 November 2022 | 11:53 WIB

Kontingen PWI DKI Jakarta Siap Dalam Ajang Porwanas 2022

Minggu, 20 November 2022 | 11:17 WIB
X